Selasa 20 Sep 2022 09:32 WIB

Dua Tahun Absen, Pameran Interior The Colours of Indonesia Kembali Digelar

Pameran interior The Colours of Indonesia (TCOI) digelar di atrium Senayan City.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Beberapa karya desain interior dari ID12 yang dipamerkan di The Colours Of Indonesia (TCOI) Chapter V.
Foto: Republika/Gumanti
Beberapa karya desain interior dari ID12 yang dipamerkan di The Colours Of Indonesia (TCOI) Chapter V.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah dua tahun absen karena pandemi Covid-19, The Colours Of Indonesia (TCOI) Chapter V akhirnya dihelat secara offline di Atrium Senayan City. Mengusung tema "Residensial", pameran desain interior dari para personil ID12 tersebut sudah bisa dijelajah mulai 19 hingga 23 September 2022.

ID12 (Interior Design 12) merupakan perkumpulan dua belas interior designer kenamaan asal Indonesia yang beranggotakan, Agam Riadi, Anita Boentarman, Ary Juwono, Eko Priharseno, Joke Roos, Prasetio Budhi, Reza Wahyudi, Roland Adam, Sammy Hendramianto, Shirley Gouw, Vivianne Faye, dan Yuni Jie. 

Baca Juga

Anggota ID12 sekaligus Kepala Bidang Kreatif TCOI Chapter V, Eko Priharseno mengatakan, tema Residensial diangkat karena pandemi memberikan kesadaran kolektif mengenai esensi rumah. Bahwasanya rumah merupakan satu-satunya tempat paling aman dan menjadi benteng pertahanan terakhir selama pandemi. 

"Tawaran terbaru kami pada residensial di pameran ini adalah memaksimalkan kenyamanan tinggal di sebuah hunian, rumah, gitu ya. Misalnya sebuah ruangan didesain memiliki dua fungsi yang berbeda atau lebih mendukung gaya hidup sehat," kata Eko dalam konferensi pers pembukaan TCOI Chapter V, Senin (19/9/2022).

Berdasarkan garis signature desain masing-masing desainer, akan dipamerkan dua belas karya dari tiap anggota ID12 yang terbagi dalam dua kelompok besar gaya yaitu Neo Classic dan Modern. Agam Riadi, Anita Boentarman, Roland Adam, Sammy Hendramianto, Shirley Gouw, Vivianne Faye akan mendesain ruang bergaya neo classic, sementara Ary Juwono, Eko Priharseno, Joke Roos, Prasetio Budhi, Reza Wahyudi, dan Yuni Jie bergaya modern.

Agam Riadi selaku anggota ID12 dan Wakil Ketua Panitia TCOI Chapter V berharap karya terbaik masing-masing desainer interior ini dapat dinikmati langsung oleh khalayak ramai. "Kami berharap karya ID12 dapat menginspirasi masyarakat ketika membangun hunian dalam gagasan baru tanpa kehilangan ciri khas pribadi pemilik rumah," kata dia.

Ary Juwono selaku anggota ID12 dan Ketua Panitia TCOI Chapter V menambahkan bahwa pameran ini merupakan simbiosis yang terpadu dan masif antara desainer interior dengan berbagai ahli serta desainer dari disiplin ilmu dengan profesi yang berbeda-beda seperti kontraktor, produk interior, desainer pencahayaan, penata taman dan bunga dalam mewujudkan dan melengkapkan tampilan rancang ruang secara utuh. Hal ini sekaligus memberi gambaran kepada masyarakat umum mengenai tata cara dunia kerja bidang interior berlangsung.

"TCOI kali ini juga menjadi deskripsi tentang bagaimana desainer interior Indonesia mengakomodasi selera Internasional melalui tatanan dari jenama lokal dan Internasional tanpa meninggalkan selera pribadi masing-masing desainer," jelas Ary.

Pameran TCOI Chapter V dibuka untuk umum dan gratis, namun diwajibkan untuk registrasi di website TCOI. Panitia juga akan mengatur sedemikian rupa agar pengunjung bisa tertib dan tak berdesakan saat berada di area pameran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement