Kamis 15 Sep 2022 05:45 WIB

Sakit Tenggorokan Belum Tentu Gejala Covid-19, Cara Membedakannya dengan Infeksi Lain?

Sakit tenggorokan terkait Covid-19 terasa berbeda dengan infeksi lainnya.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Tes Covid-19. Di tengah penyebaran varian omicron, sakit tenggorokan menjadi lebih banyak dikeluhkan orang saat kena Covid-19.
Foto:

4. Infeksi sinus

Menurut Singer, kebanyakan orang dengan infeksi sinus mengalami nyeri atau tekanan sinus dan demam. "Tetapi jika Anda memiliki infeksi sinus yang menguras, itu bisa mengiritasi tenggorokan," katanya.

5. Flu

Saat terkena flu, orang mungkin akan mengalami gejala lebih parah, seperti demam, nyeri otot, kelelahan, dan batuk kering. Tamiflu, obat antivirus yang diresepkan, dapat membantu mengurangi keparahan gejala dan durasi penyakit, tetapi hanya jika diminum dalam beberapa hari setelah gejala pertama.

6. Alergi musiman

Alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh Anda bereaksi terhadap suatu zat, seperti serbuk sari. Menurut National Institutes of Health, alergi musiman dapat menyebabkan beberapa gejala, termasuk bersin, batuk, dan pilek.

photo
Cara meredakan sakit tenggorokan saat kena Covid-19. - (Republika)

Cara menentukan apakah sakit tenggorokan adalah gejala Covid-19

Melakukan tes adalah cara terbaik untuk menentukan apakah sakit tenggorokan disebabkan oleh Covid-19 atau hal lain. Selain di apotek dan dokter, membeli tes cepat di rumah tanpa resep di apotek atau daring, bisa jadi pilihan. Disarankan untuk mengambil setidaknya dua kali tes di rumah dalam beberapa hari.

Kapan harus ke dokter?

Jika sakit tenggorokan cukup parah, menyebabkan sakit saat makan, minum, atau menelan, bahkan setelah mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas, maka penting segera menemui dokter. Pembengkakan leher atau perubahan signifikan pada suara juga harus mendorong kunjungan ke penyedia medis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement