Rabu 14 Sep 2022 15:31 WIB

Manfaat Sehat Rumput Laut pada Sushi, Apa Saja?

Rumput laut sering dijadikan pelapis pada sushi.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Rumput laut sering dijadikan pelapis pada sushi.
Foto: www.wikimedia.com
Rumput laut sering dijadikan pelapis pada sushi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabar baik bagi penyuka sushi. Hidangan yang berasal dari Jepang namun sudah memiliki popularitas yang mendunia itu tidak cuma lezat, tetapi juga menyehatkan tubuh. Terutama, karena bagian yang kerap dijadikan pelapisnya, yakni rumput laut.

Ada banyak manfaat baik untuk kesehatan yang bisa didapat dari mengonsumsi rumput laut. Nutrisi yang terkandung di dalamnya membuat rumput laut menjadi pilihan makanan yang sehat untuk dikonsumsi secara rutin dan masuk ke menu harian. Memang tidak cuma digunakan di sushi, namun rumput laut kerap diidentikkan dengan sushi.

Baca Juga

Rumput laut mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang penting untuk berfungsinya tubuh secara optimal. Kandungan itu meliputi vitamin C, kalsium, folat, tiamin, tembaga, besi dan magnesium. Selain itu, rumput laut memberikan asupan yodium dalam jumlah signifikan.

Yodium dibutuhkan oleh hormon tiroid serta dalam proses metabolisme. Selain itu, rumput laut dapat membantu menghindarkan dari penyakit jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Pasalnya, konsumsi rumput laut dapat membantu menurunkan kolesterol.

Rumput laut juga baik untuk usus. Sayuran ini memiliki serat dalam jumlah tinggi yang membantu menjaga usus tetap sehat dengan mendorong pertumbuhan bakteri baik. Selain serat, umumnya rumput laut juga memuat persediaan protein, karbohidrat, dan asam lemak tak jenuh, dikutip dari laman Times Now News, Rabu (14/9/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement