Rabu 14 Sep 2022 06:30 WIB

Cuma Bisa Berbaring, Minum Obat Bagusnya Sambil Miring ke Kiri atau Kanan?

Posisi tubuh saat minum obat pengaruhi kecepatan lambung melarutkan obat.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Minum obat (ilustrasi). Posisi tubuh saat minum obat memengaruhi seberapa cepat obat tersebut bekerja.
Foto:

Posisi tubuh yang membuat obat paling lama terserap adalah tidur menyamping ke arah kiri. Pada posisi tersebut, lambung membutuhkan waktu lebih dari 1,5 jam untuk melarutkan obat.

Berkaitan dengan temuan ini, tim peneliti menganjurkan agar pasien yang terbaring di tempat tidur tidak diposisikan menyamping ke arah kiri saat minum obat. Alasannya, posisi tersebut akan memperlambat laju pelarutan dan penyerapan obat di dalam tubuh.

Menurut Dr Mittal, temuan ini tak hanya berlaku untuk penyerapan obat, tetapi juga pencernaan makanan. Posisi tubuh yang tepat saat makan bisa sangat membantu, terlebih bila seseorang menyantap makan malam dengan porsi yang besar.

"Bila Anda ingin mencerna makanan itu dengan cepat, maka Anda mungkin perlu tidur menyamping ke arah kanan," ungkap Dr Mittal.

Tim peneliti berencana untuk melakukan penelitian lebih jauh mengenai posisi tubuh dan pencernaan makanan pada berbagai kondisi penyakit, seperti diabetes dan obesitas. Mereka juga berencana untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai nutrisi dan infeksi usus.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement