Ahad 11 Sep 2022 04:25 WIB

Hunt Hadirkan Peran Psikologis 2 Agen Mata-mata

Hunt menceritakan agen mata-mata yang melakukan operasi untuk membasmi mata-mata

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Esthi Maharani
Film HUNT
Foto: Dok. Artist Studio, Sanai Pictures
Film HUNT

REPUBLIKA.CO.ID, Park Pyong-ho (Lee Jung-jae) dan Kim Jung-do (Jung Woo-sung) dari Badan Intelijen Pusat Korea (KCIA) ditugaskan untuk menemukan mata-mata di dalam agensi itu, serta mempelajari rencana besar untuk membunuh presiden Korea Selatan. Dua unit KCIA ditugaskan untuk menyelidiki satu sama lain. Dalam situasi tegang ini, Pyong-ho dan Jung-do perlahan mulai mengungkap kebenaran. Pada akhirnya, mereka harus berurusan dengan plot yang tidak terpikirkan untuk membunuh presiden Korea Selatan.

Memilih pengaturan tahun 80-an dengan latar belakang perang dingin antara kedua Korea, Hunt menceritakan kisah asik tentang agen mata-mata yang melakukan operasi untuk membasmi mata-mata. Meskipun keadaan di sekitar film didasarkan pada peristiwa nyata dalam sejarah, film karya Lee Jung-jae itu memiliki cerita fiksi secara keseluruhan. Film berdurasi 131 menit itu menampilkan bagaimana dua agen berpangkat tinggi diadu satu sama lain untuk menemukan mata-mata, di mana ada ketegangan psikologis saat mereka berusaha memburu satu sama lain. Ceritanya terungkap dengan saat, di mana film mampu membuat penonton betah di kursi sampai mata-mata terungkap.

Karakter Park Pyong-ho dan Kim Jung-do adalah inti dari kisah spionase yang memiliki rating 17+ itu. Akting yang menampilkan perang psikologis antara dua pemeran utama, Jung-jae dan Woo-sung sangat mengesankan karena mereka menampilkan bagaimana masing-masing karakter jatuh ke dalam dilema mendalam atas prinsip mereka sendiri. Keyakinan yang ditampilkan dua karakter utama itu mampu menarik penonton ke dalam cara berpikir mereka, serta bagaimana mereka melihat situasi yang dihadapi, sehingga menciptakan drama aksi spionase yang ketat dan sempurna.

Untuk debut sutradara Lee Jung-jae, Hunt menawarkan aksi yang mengesankan, seperti adegan kejar-kejaran mobil dan baku tembak, detail di setiap bidikan, ada realisme dalam film, set tahun 80-an menampilkan detail terkecil, gaya tampilan era 80-an, musik yang menegangkan. Jung-jae pernah mengatakan bahwa dia mempertaruhkan 30 tahun pengalamannya berakting demi Hunt.

Dalam siaran persnya, Jung-jae menjelaskan film ini berangkat dari pemikiran bahwa di tengah kelebihan informasi yang ada di dunia ini, termasuk berita palsu, orang bertanya-tanya apakah organisasi tertentu atau bahkan pemerintah mungkin mencoba menghasut melalui ideologi, atau apakah pembatasan keras membuat masyarakat mengikuti tirani. Untuk melindungi ideologi, sistem atau keuntungan, perang tanpa akhir terjadi di seluruh dunia. Ideologi, sistem, dan keuntungan seperti apa yang mengizinkan tindakan kekerasan tersebut? Hasutan palsu berkembang, sehingga warga menerimanya tanpa skeptis sekarang. Haruskah warga menjunjung tinggi ideologi yang mengizinkan kekerasan untuk alasan yang berkaitan dengan perbedaan atau persaingan?

 

Selain Lee Jung-jae dan Jung Woo-sung, Hunt  juga dibintangi Jeon Hye-jin, Heo Sung-tae, Go Youn-jung, Kim Jong-soo, Jung Man-sik. Hunt  mulai tayang di Indonesia pada 14 September 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement