Rabu 07 Sep 2022 19:14 WIB

Rekomendasi Obat Kumur dan Fungsinya

Obat kumur harus digunakan sesuai dengan permasalahan gigi dan mulut

Kalau mau yang pasti terjamin kualitas dan khasiatnya, pastikan hanya memilih obat kumur MeToo.
Foto: MeToo
Kalau mau yang pasti terjamin kualitas dan khasiatnya, pastikan hanya memilih obat kumur MeToo.

REPUBLIKA.CO.ID, Obat kumur adalah salah satu jenis larutan yang dijual bebas di pasaran untuk mengatasi masalah aroma nafas yang kurang sedap. Namun, jangan sampai salah pilih obat kumur, sebab ternyata obat kumur itu banyak jenisnya. Kalau mau yang pasti terjamin kualitas dan khasiatnya, pastikan hanya memilih obat kumur MeToo.

Sebelum mengetahui lebih lanjut keunggulan obat kumur MeToo, kenali lebih dulu jenis, manfaat, dan tips memilih obat kumur yang terbaik berikut ini.

Jenis obat kumur

Apa saja sih jenis obat kumur yang sesuai dengan permasalahan gigi dan mulut kamu? Yuk, kita cek sama-sama jawabannya di bawah ini:

1. Obat kumur dengan kandungan fluoride

Salah satu obat kumur yang paling banyak ditemukan di pasaran adalah obat kumur yang mengandung fluoride. Fluoride sendiri dikenal sebagai zat yang memiliki kemampuan untuk memperkuat enamel gigi sehingga dapat mencegah kerusakan pada gigi. Kandungan fluoride juga sering ditambahkan ke dalam pasta gigi yang sering kita gunakan.

Apabila kamu memiliki kondisi mulut kering yang tidak normal atau xerostomia, biasanya dokter gigi akan merekomendasikan kamu untuk menggunakan obat kumur yang memiliki kandungan fluoride ini. Hal ini dikarenakan kondisi xerostomia rentan memicu karies dan gigi belubang akibat ketidakseimbangan bakteri di dalam mulut.

2. Obat kumur yang mengandung pewangi

Pewangi yang digunakan dalam obat kumur ini sangat aman dan dapat mematikan bakteri di mulut dalam tempo yang cepat. Fungsi utama dari obat kumur yang mengandung pewangi ini tak lain dan tak bukan adalah untuk menyegarkan nafas dan menghalau bau yang tidak sedap.

3. Obat kumur dengan kandungan anti-plak

Pembersih mulut dengan kandungan anti plak dapat membunuh bakteri yang berkontribusi pada pembentukan plak pada gigi. Selain menggunakan obat kumur, kamu juga sangat dianjurkan untuk menyikat gigi minimal dua kali sehari dan membersihkan gigi menggunakan dental floss atau benang gigi untuk mencegah timbulnya plak, terutama akibat sisa makanan yang menumpuk.

Kabar baiknya lagi, apabila kamu memiliki peradangan pada gusi atau akrab disebut gingivitis, obat kumur dengan kandungan anti plak ini dapat membantu gusi kamu supaya tetap terjaga kesehatannya. Oleh karena itu penting mengetahui kondisi mulut dan gigi masing-masing supaya tidak salah pilih obat kumur.

Tips memilih obat kumur paling tepat

Sensasi segar setelah menggunakan obat kumur menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang menyukai menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi. Setelah mempelajari aneka jenis obat kumur yang banyak beredar di pasaran, sudah saatnya kamu juga mengetahui cara memilih obat kumur yang paling sesuai dengan kondisi mulut dan gigi kamu. Simak sama-sama yuk!

1. Tidak mengandung zat yang berbahaya. Sebab obat kumur ini biasanya akan meninggalkan residu di area mulut, oleh karena itu pastikan bahan dari obat kumur ini cukup aman apabila sedikit tertelan.

2. Dapat membunuh bakteri jahat yang ada di mulut, terutama bagi kamu yang memiliki masalah khusus pada mulut dan gigi. Obat kumur biasanya memang bersifat antiseptik.

3. Larutannya sanggup menembus hingga lapisan biofilm. Lapisan biofilm ini biasanya diciptakan oleh bakteri untuk melindungi aktivitasnya di dalam mulut. Oleh karena itu, obat kumur wajib memiliki kemampuan menembus lapisan biofilm ini.

4. Tidak membuat bakteri menjadi resisten. Apabila obat kumur memiliki efek resisten, maka bakteri dalam mulut alih-alih hilang, ia malah kebal terhadap obat kumur tersebut.

Manfaat menggunakan obat kumur

Obat kumur memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan gigi dan mulut. Sayangnya masih banyak orang yang salah dalam memilih obat kumur dan tidak bisa merasakan manfaat dari obat kumur yang dipilih. Sebelumnya, di atas dijelaskan bahwa obat kumur bisa memperkuat enamel gigi hingga menghalau plak gigi. Nah, manfaat obat kumur tidak hanya itu saja lho.

Berikut manfaat lain yang dimiliki oleh obat kumur.

1. Obat kumur sebagai penghilang bau mulut

Manfaat yang paling banyak dicari dari obat kumur tentu saja sebagai penghilang bau mulut. Hal ini dikarenakan obat kumur memiliki kandungan antimikroba seperti cetylpyridinium chloride dan chlorhexidine untuk mengurangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Untuk menambah kesegaran aroma mulut biasanya juga ditambahkan aneka bahan alami seperti peppermint atau tea tree sehingga nafas juga jadi lebih lega dan segar.

2. Obat kumur menjaga kesehatan mulut

Selain menghilangkan bau mulut, obat kumur juga berfungsi ganda untuk menjaga kesehatan mulut. Ada obat kumur yang diperuntukkan khusus bagi orang-orang yang memiliki gigi sensitif, ada juga untuk membantu memperkuat enamel gigi, memutihkan gigi, menghilangkan plak, hingga membantu mengatasi peradangan pada gigi. Melihat berbagai manfaat kesehatan yang ditimbulkan oleh obat kumur, maka tidak ada salahnya kamu rajin menggunakan obat kumur untuk menjaga kesehatan mulut kamu.

3. Rekomendasi obat kumur terbaik, MeToo

MeToo adalah obat kumur dengan teknologi Korea yang bisa menyelesaikan masalah yang tidak bisa diselesaikan dengan hanya menyikat gigi. Obat kumur ini memiliki kandungan khusus probiotik yang membuat nafas kamu jadi lebih segar hanya dalam waktu 15 detik. Kandungan probiotik pada MeToo meningkatkan kesimbangan mikroekologikal oral dan membuat nafas segar hingga 10 jam.

Kandungan agglutination pada obat kumur MeToo dapat menghalau berbagai bakteri berbahaya seperti bakteri anaerob penyebab bau, plak gigi, hingga streptococcus mutan. Obat kumur ini juga bisa menghentikan bakteri penyakit periodontal, memutihkan gigi, dan meningkatkan kesehatan gusi kamu.

Yuk, gunakan MeToo mouthwash setelah makan, atau sebelum menghadiri pertemuan penting, atau bahkan sebelum kencan dan janji bertemu pujaan hati.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement