Senin 05 Sep 2022 04:05 WIB

3 Keluhan Ini Jadi Gejala Covid-19 yang Paling Signifikan pada Area Mata

Gejala Covid-19 juga bisa terasa di mata.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Mengucek mata. Fotofobia, mata perih, dan mata gatal menjadi tiga keluhan yang paling banyak dialami penderita Covid-19.
Foto:

Tanda mata ini juga telah dilaporkan oleh seorang pasien dengan omicron BA.5 yang menjadi strain dominan di Inggris dan di seluruh dunia. Melalui Twitter, dr Claire Taylor berbagi bahwa dia dan putranya merasa tak nyaman dengan cahaya terang saat berjuang melawan varian baru tersebut.

Penelitian ini mengamati seorang wanita berusia 29 tahun yang datang ke rumah sakit setempat pada Maret 2020. Wanita itu memiliki gejala pernapasan minimal, tetapi menderita kasus konjungtivitis yang parah.

Namun, penelitian BMJ menjelaskan bahwa konjungtivitis tidak mencapai signifikansi seperti sakit mata. "Istilah konjungtivitis terlalu luas dan harus digunakan dengan hati-hati," kata peneliti studi tersebut, seperti dilansir dari laman Express, Sabtu (3/9/2022).

Selain mata, bagian tubuh lainnya juga bisa terkena sehingga memicu berbagai gejala Covid-19. Menurut National Health Service (NHS), daftar lengkap tanda-tanda Covid-19 meliputi:

- suhu tinggi atau menggigil

- batuk baru dan terus-menerus

- kehilangan atau perubahan indra penciuman atau pengecap

- sesak napas

- kelelahan

- tubuh terasa nyeri

- sakit kepala

- sakit tenggorokan

- hidung tersumbat atau meler

- tidak selera makan

- diare

- merasa sakit atau sedang sakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement