Rabu 31 Aug 2022 10:43 WIB

Tips Menyimpan Pisang, Bisa Tetap Segar Meski Sudah Tujuh Hari

Pernahkan Anda membeli pisang dan matang terlalu cepat sebelum Anda memakannya?

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Tips menyimpan pisang agar tetap segar meski sudah tujuh hari. (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Tips menyimpan pisang agar tetap segar meski sudah tujuh hari. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pisang merupakan jenis buah yang tidak bisa disimpan dalam jangka waktu lama. Pisang bisa jadi terlalu matang dan berubah warna menjadi menghitam.

Namun, jangan khawatir. Kreator konten di balik Creative Explained, Armen Adamjan, memberikan sejumlah tips agar pisang bisa tahan selama tujuh hari. Armen membagi tip dan trik di Tiktok-nya, di mana dia memiliki 4,9 juta pengikut dan 66,8 juta suka.

Baca Juga

Dia berfokus pada pembersihan, peretasan tanaman, dan makanan. Dia sebelumnya menunjukkan bagaimana menjaga selada segar di lemari es selama 30 hari dan mengapa Anda tidak boleh menyimpan kentang di lemari es .

Dia berfokus untuk membatasi limbah makanan dan mendorong gaya hidup yang lebih ramah lingkungan dengan peretasan penyimpanan makanannya. Armen membahas metode untuk menjaga pisangnya tetap segar selama sepekan penuh.

 

"Anda pernah membeli pisang dan matang terlalu cepat sebelum Anda bisa memakannya? Nah, ini yang Anda lakukan," ujarnya seperti dilansir laman Express, Rabu (30/8/2022).

Armen menyarankan untuk membungkus bagian tertentu dari pisang dengan bungkus plastik agar tetap bagus dan segar.

1. Manfaatkan kulkas

Mendinginkan pisang di lemari es akan membantu mencegahnya matang lebih lanjut. Meski kulitnya menghitam, buahnya kemungkinan masih enak untuk dimakan.

2. Tambahkan lemon

Jika pisang Anda dikupas, menaburkan perasan lemon di atasnya bisa mencegah pematangan.

3. Gunakan cuka

Demikian pula, memandikan buah yang sudah dikupas dengan cuka dapat membantu menjaganya tetap segar. Ingatlah untuk mencuci buah secara menyeluruh sebelum Anda memakannya, atau mungkin rasanya tidak enak.

4. Gunakan freezer

Tentu saja, jika Anda ingin pisang tetap segar untuk waktu yang lama, mereka akan bertahan selama 30 hari di dalam freezer.

Pengikut Armen memberikan komentar terkait saran tersebut. Seseorang berkata: "Letakkan aluminium foil di bagian atas tandan dan mereka bertahan lebih lama (tetap matang)."

Yang lain berkomentar, "Menempatkan pisang di lemari es membantu rentang hidup mereka juga."

"Anda dapat menggunakan kertas lilin lebah, lebih mudah untuk membungkus sehingga Anda tidak perlu berputar-putar di sekitar satu ton dan Anda menggunakan lebih sedikit. Plus itu ramah lingkungan dan dapat digunakan kembali."

"Tidak perlu dipisah. Cukup bungkus batangnya dengan baik dan itu akan bertahan selama lebih dari seminggu!," ujar salah satu pengikut.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement