Kamis 25 Aug 2022 21:49 WIB

Cegah Anak Kecanduan Gawai, Kemenkes: Kenalkan Permainan Tradisional

Anak perlu alternatif permainan yang lebih menarik dan mengasyikkan daripada gawai.

Anak-anak bermain gasing di Kampoeng Baca Taman Rimba (Batara) Papring, Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (7/9/2021). Permainan tradisional gasing yang terbuat dari bambu itu masih dilestarikan oleh Kampoeng Batara sebagai sarana edukasi agar tidak kecanduan gawai.
Foto:

Dalam kesempatan itu, Herawati turut menyarankan apabila anak diharuskan untuk menggunakan gawai, maka ada baiknya orang tua membuat kesepakatan terkait berapa lama anak dapat menggunakan gawai. Hal itu bertujuan agar anak mengetahui tanggung jawab dan terhindar dari kecanduan.

photo
Infografis Tanda Anak Alami Gangguan Mental Akibat Kecanduan Gadget - (Republika)

"Orang tua juga perlu mengawasi apa saja fitur atau aplikasi yang dibuka oleh anak guna menghindari terjadinya penyelewengan dalam berselancar di internet," katanya.

Herawati berharap dengan tetap menjaga nilai budaya melalui permainan tradisional, orang tua sesibuk apapun mau bekerja sama lebih memperhatikan anaknya. Dengan begitu, jumlah anak yang ketagihan bermain gawai tidak meningkat secara signifikan.

"Itu PR (tugas) kita bahwa kita harus mengawasi mereka, supaya waktunya lebih lama untuk permainan bersama dengan teman-temannya," ucapnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement