Jumat 26 Aug 2022 04:45 WIB

Omicron BA.5 Bisa Sebabkan Reinfeksi Setiap Bulan, Kenali Gejalanya

Orang bisa kena Covid-19 tiap bulan akibat reinfeksi omicron BA.5.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi Covid-19. Subvarian omicron BA.5 diketahui dapat menyebabkan reinfeksi hanya dalam waktu beberapa pekan setelah seseorang pulih dari Covid-19.
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19. Subvarian omicron BA.5 diketahui dapat menyebabkan reinfeksi hanya dalam waktu beberapa pekan setelah seseorang pulih dari Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Subvarian omicron BA.5 merupakan strain virus penyebab Covid-19 yang mendominasi dunia saat ini. BA.5 diketahui dapat menyebabkan reinfeksi hanya dalam waktu beberapa pekan setelah seseorang pulih dari Covid-19.

Para ahli dari berbagai negara menunjukkan kekhawatiran mengenai kemampuan penularan BA.5. Kekhawatiran ini muncul setelah adanya temuan kadus-kasus reinfeksi yang terjadi hanya beberapa saat setelah pasien sembuh dari Covid-19.

Baca Juga

Menurut chief health officer dari Western Australia Andrew Robertson, yang terjadi saat ini adalah peningkatan jumlah orang yang pernah terinfeksi BA.2, lalu kembali terkena Covid-19 sekitar empat pekan setelahnya. Kasus reinfeksi ini, menurut Robertson, kemungkinan besar disebabkan oleh BA.4 atau BA.5.

Berkaitan dengan adanya risiko reinfeksi ini, penting untuk selalu mewaspadai gejala-gejala Covid-19. Secara umum, beberapa gejala utama Covid-19 masih sama, yaitu batuk dan demam. Akan tetapi, kemunculan varian dan subvarian omicron membuat sedikit perubahan pada tren gejala Covid-19 yang muncul.

Seperti dilansir laman Express pada Kamis (25/8/2022), berikut ini adalah daftar gejala Covid-19 resmi terbaru versi National Health Service di Inggris:

1. Demam atau menggigil

2. Batuk yang baru muncul dan terus-menerus

3. Kehilangan atau perubahan indra penciuman atau pengecap

4. Sesak napas

5. Merasa lelah atau letih

6. Pegal linu

7. Sakit kepala

8. Nyeri tenggorokan

9. Hidung tersumbat atau beringus

10. Penurunan nafsu makan

11. Diare

12. Merasa mual atau muntah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement