Selasa 23 Aug 2022 14:47 WIB

Stok Vaksin Cacar Monyet Terbatas: Inggris akan Berikan Seperlima Dosis, Keampuhannya?

Orang yang memenuhi syarat akan mendapat seperlima dosis vaksin cacar monyet.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang ahli farmasi menunjukkan vaksin Jynneos untuk cacar monyet di sentra vaksinasi Zuckerberg San Francisco General Hospital, AS, pad Jumat, 29 Juli 2022. Ketersediaan vaksin Jynneos terbatas sehingga Inggris memutuskan memakai dosis seperlima saja untuk setiap orang yang berisiko.
Foto:

UKHSA mengatakan bahwa karena pasokan vaksin yang terbatas, dosis ini harus disediakan untuk orang-orang yang kontak dekat yang berisiko tinggi terkena penyakit parah. Vaksin pascakontak tetap akan diprioritaskan bagi penderita imunosupresi, anak di bawah usia lima tahun, dan ibu hamil.

photo
Vaksin cacar monyet yang dipakai di AS. - (Republika)

Asisten profesor di London School of Hygiene and Tropical Medicine dan salah satu pendiri PrEPster, Dr Will Nutland, juga menyambut baik keputusan ini. Menurut dia, ini akan menjadi cara untuk memberi perlindungan di tengah lonjakan kasus.

"Bukti menunjukkan bahwa dosis fraksional, bila diberikan dengan benar, sama efektifnya dengan metode vaksinasi yang saat ini digunakan. Kita sekarang harus bergerak secara kolektif untuk memastikan bahwa mereka yang diberi kesempatan untuk menerima vaksinasi mendapat informasi lengkap dan punya kemantapan untuk bersedia divaksin," kata Nutland.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement