Selasa 23 Aug 2022 14:15 WIB

Batita di Texas Kena Cacar Monyet, Sumber Penularannya Masih Misterius

Anak berusia dua tahun di Texas mengalami ruam cacar monyet.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi kaki batita. Seorang anak berusia dua tahun di Texas, Amerika Serikat tertular cacar monyet. Penelusuran kontak masih dilakukan untuk mengungkap sumber penularan.
Foto:

Sejauh ini, penularan utama masih terjadi melalui kontak seksual di antara pria gay, biseksual, atau pria yang berhubungan seksual dengan sesama pria. Beberapa kasus baru yang mungkin berkaitan dengan perjalanan ke luar negeri masih diidentifikasi.

"Meski ada lebih sedikit kasus baru yang teridentifikasi, kami masih menemukan kasus-kasus di semua wilayah Inggris dan wabah dalam skala global masih berlanjut," ungkap Dr Meera Chand.

photo
Vaksin cacar monyet yang dipakai di AS. - (Republika)

Berkaitan dengan hal ini, Dr Chand mengimbau masyarakat untuk tidak lengah hanya karena kasus mulai menurun. Dr Chand menilai masyarakat perlu tetap waspada dan mengecek gejala cacar monyet pada diri sendiri, seperti ruam atau lentingan pada kulit, terutama bila melakukan kontak dengan pasangan seksual baru.

Orang-orang yang dinyatakan layak untuk menerima vaksin juga dianjurkan tak melewatkan kesempatan untuk vaksinasi. Selain itu, orang yang merasa memiliki gejala cacar monyet sebaiknya segera melakukan isolasi mandiri, menghindari kontak dengan orang lain, serta tidak melakukan hubungan seksual terlebih dahulu.

"Tetap di rumah dan kontak nomor layanan darurat atau layanan kesehatan seksual setempat untuk mendapatkan saran lebih lanjut," ujar Dr Chand.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement