Senin 22 Aug 2022 14:18 WIB

Anak Bersemangat Ikut PTM di Sekolah, Ini Caranya

Tantangan dalam mengikuti PTM adalah jam belajar yang lebih panjang.

 Keseruan aktifitas OKKY Fun Truck di SMP PGRI 1 Ciputat bersama Timotius Mulyadi, influencer dan atlet renang Indonesia.
Foto: dok Suntory Garuda Beverage
Keseruan aktifitas OKKY Fun Truck di SMP PGRI 1 Ciputat bersama Timotius Mulyadi, influencer dan atlet renang Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN --- Setelah pandemi mulai mereda, para siswa pun mulai kembali ke sekolah dan melakukan pembelajaran tatap muka (PTM). Rupanya, pemberlakuan PTM disambut antusiasi oleh para siswa.

Dalam survei terbatas yang dilakukan di Jakarta pada bulan Agustus 2022 terhadap 150 anak dan remaja berusia 10-15 tahun, 85 persen responden mengaku lebih bersemangat belajar dengan tatap muka di sekolah karena dapat bermain bersama teman dan jajan minuman segar saat istirahat.

Kendati demikian, 77 persen menjawab tantangan dalam mengikuti PTM adalah jam belajar yang lebih panjang dan kelelahan harus mengimplementasikan protokol kesehatan seperti pemakaian masker selama kegiatan belajar luring yang rata-rata mencapai lebih dari tujuh jam setiap harinya. Dari hasil survei itu juga diketahui sekitar 83 persen anak memilih olahraga dan musik sebagai kegiatan yang memberikan kegembiraan pada PTM.

Rolen Ria, digital creator yang rajin membagikan konten seputar anak dan keluarga di platform digital yang juga seorang ibu, mengaku punya cara sendiri agar anak-anak lebih bersemangat kembali bersekolah dan menjalani PTM.

''Jelaskan ke anak tujuan PTM. Selain itu juga orang tua dan guru perlu bekerja sama untuk membangun ritme belajar lagi. Agar anak tidak bosan, guru juga bisa memakai game dan ada juga bimbingan dan konseling karena urusan kesehatan mental juga menjadi prioritas kita,'' ujarnya dalam acara diskusi yang diselenggarakan dalam rangkaian kunjungan Okky Fun Truck pada perayaan HUT RI ke-77 di SMP PGRI 1 Ciputat, Tangerang Selatan, Senin (22/8/2022).

Menurut Rolen, kegiatan produktif ini dimulai dari bangun tidur di pagi hari, berjalan atau bersepeda ke sekolah, menyelesaikan tugas kelompok, hingga berolahraga dan berinteraksi bersama teman. 

Meski PTM memberikan peluang lebih luas bagi anak untuk dapat belajar secara kreatif dan menyenangkan, orang tua dan guru diimbau untuk bijaksana dalam mendukung anak untuk melakukan proses adaptasi menyambut berbagai kegiatan sekolah dan ekskul yang padat, serta mengimbanginya dengan berbagai kebiasaan protokol kesehatan baru yang diterapkan. ''Dukungan ini misalnya dengan memberikan lebih banyak ruang bermain bersama teman, berolahraga, dan mengembangkan bakatnya,'' ujarnya.

Mendukung kesuksesan PTM, anak-anak membutuhkan minuman yang nikmat, menyegarkan, dan dapat menemani aktivitas mereka yang sudah kembali padat. Dengan semangat HUT RI ke-77, Okky luncurkan produk terbaru yaitu Okky Jelly Drink BIG Reborn dengan 40 persen lebih banyak nata de coco dan tersedia dalam rasa stroberi, blackcurrant, guava, dan jeruk yang menyegarkan. 

Produk terbaru dari Okky Jelly Drink ini dapat dinikmati di Okky Fun Truck yang diadakan di 800 sekolah dan pesantren yang ada di berbagai daerah di Indonesia, untuk memberi semangat kepada tak kurang dari 590 ribu anak dan remaja. Selain memperoleh promo khusus untuk produk terbaru Okky Jelly BIG Reborn, di Okky Fun Truck, anak juga dapat bermain dan mengekspresikan bakatnya dengan arahan langsung dari para influencer muda, bahkan anak-anak juga dapat langsung bergabung ke ajang Okky BIG Star 2022.

Menurut Ade Umiyana Savitri, Chief Marketing Officer PT Suntory Garuda Beverage, saat tim Okky melakukan kunjungan ke sekolah dan melakukan survei, hampir seluruh anak mengaku gembira dengan PTM.

Namun, pihaknya memahami bahwa transisi dari pembelajaran daring ke luring bukanlah hal yang mudah. Beberapa anak mengaku memerlukan lebih banyak aktivitas menyenangkan di sekolah selama PTM agar mereka dapat bermain bersama teman dan mengembangkan bakatnya. ''Karena itulah, kami meluncurkan program Okky Fun Truck dan Okky BIG Star. Kedua program ini membawa #ExtraSemangat melalui unjuk bakat seni dan olahraga, serta berbagai permainan yang seru untuk dukung anak berekspresi dengan kreatif,'' ujarnya.

Pada program Okky Fun Truck dan Okky BIG Star di sekolah, anak-anak tampak begitu antusias mengikuti perlombaan baik secara individu maupun bersama teman dan guru. Dengan arahan Timotius Mulyadi yang akrab dipanggil Timo yaitu atlet renang Indonesia yang rajin membagikan konten seputar sport di akun sosmednya, anak-anak berani mengekspresikan bakatnya di panggung khusus yang digelar Okky pada acara tersebut.

“Sebagai salah satu juri Okky BIG Star 2022, saya sangat senang dapat bertemu dengan anak-anak di sekolah dan melihat langsung bakat mereka yang luar biasa. Saya yakin bahwa setiap anak memiliki talenta yang harus dikembangkan dan didukung. Karena itu saya mengajak setiap anak dan remaja di Indonesia untuk mengikuti Okky BIG Star, ajang kompetisi bakat yang dapat diikuti secara online melalui Instagram dan Tiktok. Mari gali kreativitas, menembus batas, menjadi generasi emas untuk sukseskan Indonesia Maju 2045!” kata Timo.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement