Senin 22 Aug 2022 04:00 WIB

Virus Cacar Monyet Bisa Bertahan Lama di Permukaan Benda, Tapi ...

Cara penularan cacar monyet utamanya ialah kontak fisik langsung dengan penderita.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Reiny Dwinanda
 Seorang dokter menunjukkan lesi pada kaki pasien cacar monyet di RS Arzobispo Loayza di Lima, Peru, Selasa, 16 Agustus 2022.
Foto:

Saat ini, di AS ada 13.517 kasus cacar monyet dengan California dan New York yang paling banyak. Sementara itu, ada sekitar 20 kasus cacar monyet yang ditemukan setiap hari di Inggris, turun dari 35 kasus harian pada pekan lalu.

photo
Vaksin cacar monyet yang dipakai di AS. - (Republika)

Data terbaru dari Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) menyatakan bahwa ada 3.081 kasus yang dikonfirmasi di Inggris, dengan 114 lainnya kemungkinan besar terinfeksi. Gay, biseksual, dan laki-laki lain yang berhubungan seks dengan laki-laki berisiko lebih tinggi terinfeksi monkeypox.

Dr William Welfare, Direktur Insiden UKHSA, mengatakan pihaknya masih terus meneliti wabah ini. Walaupun data terbaru menunjukkan pertumbuhan wabah telah melambat, pihaknya terus melihat kasus baru setiap hari.

"Siapa pun memang bisa terkena cacar monyet, namun sebagian besar kasus cacar monyet di Inggris terus terjadi pada pria gay, biseksual, dan pria lain yang berhubungan seks dengan pria, dengan infeksi yang ditularkan terutama melalui kontak dekat dalam jaringan seksual yang saling berhubungan,"katanya.

Welfare menyerukan masyarakat terus waspadai gejala cacar monyet. Ia menyerukan agar mewaspadai ruam dan lepuh, terutama jika Anda baru saja memiliki pasangan seksual baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement