Kamis 18 Aug 2022 05:00 WIB

Pasangan Kena Covid-19 Saat Anda Baru Sembuh, Harus Bagaimana?

Amankah untuk berdekatan ketika kita baru sembuh dan pasangan kena Covid-19?

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Pencegahan Covid-19 (ilustrasi). Ketahui apa yang harus dilakukan ketika kita naru sembuh lalu pasangan positif Covid-19.
Foto:

Karena kemungkinan terinfeksi ulang rendah tetapi bukan tidak mungkin, disarankan untuk membuka jendela dan menjaga jarak saat berinteraksi dengan pasangan. Squires memperingatkan agar tidak bertemu kerabat yang mengalami gangguan kekebalan tubuh ketika pasangan masih positif.

photo
Sudah divaksinasi, orang masih bisa kena Covid-19. - (Republika)

Ada banyak faktor yang memengaruhi kerentanan seseorang terhadap infeksi ulang, mulai dari status vaksinasi hingga pernah terinfeksi sebelumnya atau tidak. Itu berarti tidak ada jawaban "satu untuk semua" bagi pertanyaan mengenai kekuatan kekebalan alami yang diperoleh dari infeksi.

Ketika seseorang terinfeksi SARS-CoV-2, tubuhnya mulai membuat sejumlah besar antibodi dalam bentuk protein berbentuk Y. Antibodi tersebut bekerja untuk melumpuhkan virus dengan menempel padanya dan mencegahnya menginfeksi lebih banyak sel.

Tubuh juga memproduksi sel T, yang dapat menyerang sel yang terinfeksi sebelum menyebabkan kasus virus yang parah. Begitu pula sel B yang menyimpan memori virus dan juga membantu mencegah infeksi parah ketika tubuh dihadapkan dengan virus.  

Sel-sel ini bersama-sama membentuk apa yang oleh masyarakat awam dikenal sebagai kekebalan. Namun, seperti yang telah diamati peneliti berulang kali selama pandemi, infeksi ulang tentu saja mungkin terjadi. Biasanya, itu membutuhkan waktu beberapa bulan.

Dengan demikian, tidak mengapa jika memilih untuk menghabiskan waktu dengan pasangan yang terinfeksi Covid-19. Namun, jika jeda infeksi Covid-19 dengan pasangan sudah lebih dari sebulan (di mana kekebalan Anda mulai berkurang), mungkin lebih baik untuk menjaga jarak satu sama lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement