Rabu 17 Aug 2022 11:45 WIB

Makna di Balik Pakaian Adat Banten yang Dikenakan Wapres Ma'ruf Amin

Wapres Ma'ruf Amin dan istri mengenakan pakaian adat Banten ke Istana.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Reiny Dwinanda
Wakil Presiden Maruf Amin beserta istrinya Wury Maruf Amin mengenakan pakaian adat dari Provinsi Banten saat menghadiri upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022).
Foto:

Celana hitam polos yang dirangkap dengan kain melambangkan keserumpunan Banten dengan bangsa Melayu. Pada HUT Kemerdekaan kali ini, Wapres berpesan untuk semakin merapatkan persatuan agar menjadi lebih kuat dan mampu mengatasi berbagai tantangan krisis yang mengancam.

"Tantangan yang dihadapi para pahlawan dan pendiri bangsa saat merebut kemerdekaan memang berbeda dengan tantangan yang kita hadapi hari ini maupun di masa depan," kata Ma'ruf dalam video ucapan peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-77, Rabu (17/8/2022).

Ma'ruf mengatakan, jika pendiri bangsa dan pahlawan berjuang merebut kemerdekaan, maka masyarakat Indonesia saat ini menghadapi berbagai ujian berat dalam bentuk yang berbeda. Indonesia kini berhadapan dengan pandemi Covid-19, konflik internasional, serta ancaman krisis pangan dan energi serta perubahan iklim di masa depan.

"Namun perjuangan dan kegigihan kita dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan harus sama kuatnya dengan para pahlawan kemerdekaan," kata Ma'ruf.

Karena itu, Ma'ruf mengajak seluruh elemen bangsa bersatu dan bersinergi agar Indonesia segera pulih dari dampak krisis dan bangkit menjadi negara yang lebih kuat. Hal itu sejalan tema peringatan HUT RI pada tahun ini, yakni "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat".

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement