Rabu 17 Aug 2022 06:30 WIB

Kasus Pertama di Dunia: Anjing Peliharaan Tertular Cacar Monyet Usai Jilat Majikannya

Ini adalah kasus pertama infeksi cacar monyet dari manusia ke hewan peliharaan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Anjing jenis italian greyhound. Seekor anjing jenis ini tertular cacar monyet setelah menjilat majikannya yang terinfeksi virus monkeypox.
Foto:

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan wabah cacar monyet sebagai keadaan darurat global. Hampir 100 negara telah melaporkan kasus cacar monyet tahun ini, dengan beberapa kasus kematian.

Cacar monyet dapat menyebar melalui kontak pribadi yang dekat, termasuk kontak langsung dengan ruam cacar monyet, keropeng, atau cairan tubuh penderita. Penularan juga bisa terjadi melalui sentuhan pada kain atau benda yang digunakan oleh seseorang yang terinfeksi virus monkeypox.

photo
Beda cacar monyet dan cacar air. - (Republika)

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), penularan juga dapat menyebar melalui hubungan seks, pelukan, ciuman, dan kontak tatap muka yang berkepanjangan. Demikian juga jika menyentuh kain serta benda saat berhubungan seks yang digunakan oleh penderita cacar monyet.

"Orang juga mungkin terkena cacar monyet dari hewan yang terinfeksi, baik dengan dicakar atau digigit hewan itu atau dengan menyiapkan dan memakan daging serta menggunakan produk dari hewan yang terinfeksi," jelas CDC di situsnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement