Selasa 16 Aug 2022 05:00 WIB

Keluarga Perlu Tahu: Pasien Penyakit Berat Biasanya Alami Tanda-Tanda Ini Jelang Meninggal

Sementara itu, tanda-tanda yang diperlihatkan anak jelang meninggal akan berbeda.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pasien penyakit berat (ilustrasi). Secara medis, ada tanda-tanda yang ditunjukkan pasien beberapa bulan sebelum kematiannya.
Foto:

Marie Curie juga mengimbau pihak keluaega untuk melakukan apa yang mereka rasa benar ketika ingin menyampaikan salam perpisahan kepada pasien. Hal ini perlu menjadi perhatian karena sebagian pasien bisa mengalami perburukan dengan cepat tanpa diduga.

"Jadi bila ada sesuatu yang ingin Anda katakan kepada teman atau keluarga Anda (yang sakit berat), penting untuk mengutarakannya," pungkas yayasan tersebut.

Selain itu, Marie Curie juga mengimbau agar anggota keluarga atau teman-teman pasien yang lain diajak untuk menyampaikan salam perpisahan. Mengundang pemuka agama untuk mengunjungi dan mendoakan pasien juga merupakan hal yang baik untuk dilakukan.

"Tak semua orang mau melakukan ini, dan itu pun tidak masalah. Sebagian orang mungkin menginginkan waktu istirahat di antara kunjungan dan merasa kunjungan orang dalam kelompok besar bisa membuat kewalahan, namun sebagian lain mungkin merasa lebih nyaman bila ada orang lain di dekat mereka," ujar Yayasan Marie Curie.

Baca juga : Penderita Kencing Manis, Jangan Coba-Coba Empat Makanan Ini

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement