Senin 15 Aug 2022 07:20 WIB

Makan Buah Penting Buat Jaga Daya Tahan Tubuh, Perlu Berapa Banyak Sehari?

Kandungan mikronutrien dalam buah bisa bantu dongkrak daya tahan tubuh.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Buah-buahan aneka warna (ilustrasi). Buah berperan penting karena ragam kandungan vitamin, mineral, serat pangan, dan antioksidannya dapat membangun dan mengoptimalkan sistem daya tahan tubuh.
Foto:

Selama ini, masyarakat masih berpikir makan yang penting kenyang tanpa memperhatikan proporsinya. Padahal, gizi seimbang bisa mendongkrak imunitas.

"Kalau di piring, konsumsi buah dan sayur hanya seperenam, dua hingga tiga porsi buah per hari itu minimal," kata Diana.

Selain itu, Diana mengingatkan untuk mewaspadai asupan gula dalam konsumsi sehari-hari. Batas yang direkomendasikan ialah total 50 gram per hari untuk dewasa dan total 30 gram untuk anak-anak.

Diana juga menjelaskan idealnya orang menyediakan buah dengan lima warna berbeda dalam sekali makan. Akan tetapi, yang terpenting adalah segera memulai dan konsisten mengonsumsi buah setiap harinya.

Konsumsi buah masyarakat masih jauh dari cukup. Rata-rata konsumsi buah di Indonesia pada 2020 baru mencapai 88,56 gram per kapita per hari, bahkan turun sebesar 1,4 persen dibanding 2019.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement