Ahad 14 Aug 2022 08:06 WIB

Kena Covid-19 Ringan, 90 Persen Orang Indra Pengecap-Penciumannya Pulih dalam 2 Tahun

Kehilangan indra pengecap-penciuman termasuk gejala long Covid.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Covid-19 (ilustrasi). Sekitar 90 persen penyintas Covid-19 harus bertahan selama dua tahun tanpa indra penciuman dan pengecap.
Foto:

Selanjutnya, keterbatasan lain pada penelitian yang dicantumkan oleh penulis termasuk data dilaporkan sendiri, evaluasi psikologis dari fungsi kemosensori tidak dilakukan, ukuran sampel relatif kecil dan terbatas secara geografis, pasien dengan gejala yang lebih parah tidak dimasukkan, serta data untuk perawatan kemosensori masih kurang. Akibatnya, penelitian ini tidak dianggap definitif, melainkan merupakan bagian dari penelitian yang lebih luas mengenai long Covid.

photo
Parosmia dan phantosmia usik penyintas Covid-19 - (Republika)

Haruskah kita khawatir tentang long Covid?

Jawabannya tergantung pada siapa yang kita berbicara. Karena sulit untuk memprediksi siapa yang akan kena long Covid setelah terinfeksi, maka orang yang tidak terinfeksi SARS-CoV-2 tak perlu khawatir. Namun yang pasti, sangat sedikit pengobatan untuk long Covid.

Lebih lanjut, para ilmuwan ini memiliki alasan kuat untuk percaya bahwa long Covid harus menjadi perhatian pemerintah dan sistem Sebab, long Covid adalah kondisi kronis jangka panjang, yang membutuhkan penanganan yang cermat dan tepat dalam jangka waktu yang lama.

Seiring bertambahnya jumlah pasien, semakin banyak orang yang membutuhkan dukungan dan pengobatan, ini akan menambah tekanan pada pelayanan kesehatan di seluruh dunia untuk bergerak. Semakin cepat tindakan dilakukan, semakin baik pengobatan yang tersedia untuk pasien long Covid saat ini dan masa depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement