Rabu 10 Aug 2022 13:45 WIB

Covid-19 Belum Usai, China Deteksi Virus Baru Langya, 35 Orang Terinfeksi

Langya henipavirus (LayV) tadinya tidak pernah menginfeksi manusia.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Petugas keamanan yang mengenakan pelindung wajah dan masker berjaga-jaga saat warga melakukan tes virus corona di lokasi pengujian di luar Drum Tower, Rabu, 23 Maret 2022, di Beijing, China. Di tengah pandemi Covid-19, China temukan infeksi Langya Henipavirus, virus yang sebelumnya tidak pernah menjangkiti manusia.
Foto:

Tim peneliti meyakini bahwa hewan yang menjadi karier virus Langya adalah tikus. Hal ini didasarkan pada 25 studi mengenai virus Langya pada hewan.

Belakangan ini, penyakit-penyakit zoonosis di dunia semakin memunculkan kekhawatiran. Penyakit zoonosis adalah penyakit yang bisa berpindah dari hewan ke manusia.

Selain itu, para ahli juga kerap menyatakan bahwa Penyakit X bisa muncul kapan saja dan menyebabkan pandemi yang besar. Disease X adalah istilah yang digunakan oleh WHO untuk menyebut penyakit yang mungkin muncul di masa depan akibat patogen-patogen yang belum diketahui.

Ada beberapa faktor yang bisa mendorong munculnya patogen-patogen baru yang berpotensi menyebabkan pandemi. Swbagian di antaranya adalag penghancuran habitat alami, konsumsi dan penjualan hewan liar, serta perubahan iklim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement