Selasa 09 Aug 2022 13:18 WIB

Profesor Asal Inggris Prediksi Kasus Kematian Akibat Cacar Monyet Bakal Meningkat

Angka kematian saat ini jauh lebih sedikit dibanding jumlah infeksi.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang pria di Spanyol kedapatan naik Metro Madrid dengan tubuh penuh ruam cacar monyet. Profesor asal Inggris memperkirakan kasus kematian akibat cacar monyet akan meningkat seiring dengan makin banyaknya orang yang terinfeksi.
Foto:

Negara-negara Eropa seperti Spanyol telah melaporkan kasus kematian cacar monyet pertamanya. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan hanya masalah waktu sebelum hal yang sama terjadi di Inggris.

photo
Asal usul cacar monyet. - (Republika)

Masyarakat diminta mengenali gejala cacar monyet. Apabila mengalaminya, mereka diminta melakukan isolasi mandiri. Gejala infeksi virus antara lain demam, sakit kepala, nyeri otot, dan sakit punggung.

Pengidap cacar monyet biasanya juga mengalami pembengkakan kelenjar, menggigil, kelelahan, serta nyeri sendi. Ruam pada kulit adalah gejala yang paling terlihat jelas, lazimnya muncul satu hingga lima hari setelah terinfeksi.

Ruam biasanya terlihat terlebih dahulu pada wajah kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya, termasuk mulut dan alat kelamin. Siapa pun yang mengalami gejala-gejala tersebut sebaiknya segera memeriksakan diri.

Orang juga diminta menghubungi dokter umum jika telah melakukan kontak dekat dengan seseorang yang terinfeksi cacar monyet. Begitu juga apabila bepergian ke Afrika Barat atau Afrika Tengah dalam tiga pekan terakhir, dikutip dari laman Express, Selasa (9/8/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement