Senin 08 Aug 2022 21:14 WIB

Satu-Satunya Obat untuk Cacar Monyet Susah Diakses di AS, 7.000 Pasien Membutuhkannya

Langkah birokrasi yang berbelit membuat pasien tak bisa dapat obat cacar monyet.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang ahli farmasi memegang satu boks kapsul obat antivirus Tecovirimat yang dipakai untuk mengobati smallpox (cacar) di Zuckerberg San Francisco General Hospital, San Francisco, AS, Jumat, 29 Juli 2022.
Foto:

Akan tetapi, belum ada uji klinis berskala besar yang dilakukan terhadap Tpoxx. Tanpa uji klinis berskala besar ini, tim peneliti tak bisa mengetahui apakah Tpoxx bisa memberikan manfaat, membahayakan, atau tak memberikan efek pada pasien cacar monyet.

"Saat ini, belum diketahui seberapa baik obat ini bekerja pada pasien cacar monyet," jelas Juru Bicara Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Kristen Nordlund.

photo
Asal usul cacar monyet. - (Republika)

Menjadikan Tpoxx sebagai obat investigasi dapat memastikan otoritas kesehatan mengetahui dengan pasti data pasien yang akan menggunakan obat tersebut. Hal ini akan membantu mereka benar-benar memahami potensi manfaat dan risiko dari Tpoxx.

Akan tetapi, beberapa tenaga kesehatan tidak setuju dengan keputusan tersebut. Salah satu di antaranya adalah Dr Stacy Lane.

Dr Lane memahami adanya pertanyaan yang belum terjawab seputar keamanan dan efektivitas obat pada orang-orang. Namun, di sisi lain, obat ini sudah terbukti aman digunakan pada manusia dan telah mendapatkan persetujuan dari FDA.

"Obat ini tak seharusnya ditahan-tahan seperti saat ini," kata Dr Lane.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement