Senin 08 Aug 2022 18:35 WIB

Perempuan di Georgia Mengaku Tertular Cacar Monyet Lewat Uang, Memangnya Bisa?

Perempuan di Georgia yang bekerja di SPBU mengaku tertular cacar monyet lewat uang.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Camille Seaton, warga Georgia, memperlihatkan lesinya di hari ke-9.
Foto:

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, cacar monyet dapat dicegah dengan vaksin cacar Jynneos. Vaksin ini masih efektif meskipun orang telah didiagnosis.

Bersamaan dengan vaksin, profesional medis juga telah menggunakan perawatan antivirus, seperti tecovirimat (TPOXX), untuk cacar monyet dengan pasien yang lebih mungkin sakit parah. Staf medis tidak dapat memberikan perawatan antivirus apa pun untuk Seaton.

Seaton hanya diberi resep amoksisilin dan steroid karena dia secara bersamaan didiagnosis dengan radang tenggorokan. Untuk keluhan terkait cacar monyet, dokter hanya memberinya Tylenol sebagai pereda demam.

Seaton menyebut proses penyembuhan cacar monyet berkisar dari dua hingga empat pekan. Beberapa orang baik-baik saja dalam sepekan, beberapa orang baik-baik saja dalam dua pekan, beberapa orang membutuhkan waktu empat pekan penuh.

"Dalam kasus saya, saya membutuhkan waktu tiga setengah pekan untuk sembuh," kata Seaton.

Meski telah sembuh, Seaton masih merasa trauma tinggal serumah dengan putrinya yang berusia tiga tahun. Ia mengalami pekan yang berat, sehingga mengimbau semua orang kembali mengenakan masker dan sarung tangan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement