Senin 25 Jul 2022 05:10 WIB

3 Makanan Ini Dapat Tangkal Efek Negatif Garam Bagi Kesehatan

Membatasi garam merupakan pola makan yang sehat bagi jantung.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Garam. ada tiga macam makanan yang memiliki kemampuan untuk menangkal efek negatif garam bagi kesehatan.
Foto:

Pisang, alpukat, dan salmon merupakan tiga makanan yang dikenal kaya akan kandungan kalium. Namun, selain ketiga makanan ini, kalium juga bisa didapatkan dari beberapa makanan lain seperti aprikot, plum, jus jeruk, dan kentang.

Hanya saja, mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan asupan kalium sebaiknya tidak dilakukan tanpa rekomendasi dan pengawasan dokter.

Temuan ini juga dapat menjadi acuan bagi perusahaan makanan untuk mulai mengganti garam berbasis sodium dengan alternatif garam yang mengandung kalium di dalam makanan olahan. Seperti diketahui, makanan olahan kerap menjadi penyebab tingginya asupan garam atau sodium di tengah masyarakat.

"Di atas semua itu, kita semua perlu memprioritaskan konsumsi makanan segar dan tanpa olahan, mengingat makanan seperti ini kaya kalium dan rendah garam," jelas tim peneliti.

Beberapa studi berbeda juga sempat menyoroti soal manfaat kalium terhadap tekanan darah. Menurut beragam studi ini, pola makan tinggi kalium berkaitan dengan penurunan risiko hipertensi.

Manfaat lain dari kalium adalah membantu sel-sel tubuh berfungsi secara normal. Kalium juga berperan dalam meregulasi detak jantung, menjaga fungsi otot dan saraf, serta membantu sintesis protein dan metabolisme karbohidrat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement