Sabtu 23 Jul 2022 02:15 WIB

Band Kotak Angkat Isu Sosial Citayam Fashion Week

Band Kotak menciptakan lagu Local Pride.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Band Kotak meluncurkan lagu baru berjudul Local Pride tentang fenomena Citayam Fashion Week.
Foto: dok. Kotak
Band Kotak meluncurkan lagu baru berjudul Local Pride tentang fenomena Citayam Fashion Week.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Band rock Indonesia, Kotak, meluncurkan karya terbarunya yang berjudul "Local Pride". Lagu ini memiliki tema yang beririsan dengan isu sosial yang belakangan menjadi trending topic, yakni fenomena "Citayam Fashion Week".

Istilah "Citayam Fashion Week" merujuk pada aksi fashion jalanan yang dilakoni anak-anak remaja asal Citayam, Bogor, di kawasan Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta. Mereka biasa dijumpai di kawasan Stasiun MRT BNI Dukuh Atas dan Terowongan Kendal.

 

Lagu "Local Pride" diciptakan oleh ketiga personel Kotak, yakni Tantri (vokal), Chua (bas), dan Cella (gitar). Lirik lagu berdurasi tiga menit 34 detik itu ditulis oleh Chua, dengan penggalan yang berbunyi "Baju hype beast yang lagi keren abis. Style-nya udah kayak selebritis. Tas kulit buayanya sintesis. Yang penting eksis terlihat necis".

 

Band yang segera berulang tahun ke-18 itu memaksudkan lirik sebagai sebuah sindiran. Tantri mengatakan Kotak hendak memberi tahu ke khalayak bahwa fesyen bukan jebakan harga yang mahal saja, namun yang cocok dengan kepribadian seseorang, nyaman dikenakan, dan seseorang bisa tampil percaya diri.

 

"Berkembangnya era Citayam Fashion Week membuat kami yakin local pride bisa jauh berkembang, memaksimalkan (aspek) kreatif dengan barang yang dimiliki tanpa harus terlihat "sok sultan"," ujar Tantri dalam siaran pers tertulisnya.

 

Cella menjelaskan lagu "Local Pride" mengadopsi energi lagu-lagu Kotak di album awal dengan beat yang kencang. "Di sini mengedepankan heavy rock namun groove dengan beat-nya tetap bisa dinikmati. Tentunya dibalut dengan nuansa energi synth rock yang kekinian sehingga musik Kotak terdengar lebih fresh walau dengan beat yang sangat kencang," ungkapnya.

 

"Local Pride" akan menjadi salah satu lagu di dalam album mini 18 tahun Kotak yang rencananya diberi judul 18+. Lagu "Hantam" yang menjadi soundtrack film Satria Dewa Gatot Kaca juga termuat di dalamnya. Ted Jensen, master engineer dari Sterling Sound yang pernah bekerja sama dengan artis mancanegara seperti Greenday, Deftones, dan Dave Matthews Band, turut menggarap album.

 

Tantri sedikit memberikan bocoran soal karya mendatang. "Mini album ini garis besarnya bagaimana kehidupan anak umur 18 tahun zaman sekarang dari sudut pandang Kotak yang sudah berusia 18 dengan garis besar tema digitalisasi menurut Kotak," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement