Kamis 21 Jul 2022 06:25 WIB

Kelompok Makanan Apa yang Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Payudara?

Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko kanker payudara.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Nasi putih dan lauk pauknya (Ilustrasi). Karbohidrat diketahui dapat meningkatkan risiko kanker payudara.
Foto:

Tak hanya makanan, tim peneliti juga menemukan bahwa beberapa jenis minuman bisa memberikan efek serupa pada risiko kanker payudara. Minuman tersebut di antaranya adalah jus buah dan minuman bergula. Makanan nabati yang tak sehat juga sama pengaruhnya.

"Studi ini menyoroti bahwa meningkatkan konsumsi makanan nabati sehat dan mengurangi konsumsi makanan nabati kurang sehat dan makanan hewani bisa membantu mencegah semua jenis kanker payudara," jelas Sanam Shah dari Centre for Research in Epidemiology and Population Health yang memublikasikan studi ini, seperti dilansir laman Express, Rabu (20/7/2022). 

Berdasarkan temuan ini, tim peneliti menilai pembatasan asupan karbohidrat dalam keseharian bisa membantu menurunkan risiko kanker payudara. Akan tetapi, perlu diingat bahwa karbohidrat tetap penting untuk dikonsumsi setiap hari. Peneliti tidak menganjurkan orang-orang untuk menerapkan pola makan tanpa karbohidrat.

Karbohidrat merupakan bagian penting dari pola makan sehat karena merupakan sumber energi yang utama. Karbohidrat juga memberikan asupan glukosa yang dibutuhkan tubuh agar bisa bekerja secara efektif. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement