Selasa 12 Jul 2022 15:06 WIB

Healing dengan Solo Travelling? Kenny Santana Ingatkan Tuntaskan Dulu Kewajiban Finansial

Jangan sampai stres karena kewajiban finansial tidak terpenuhi gara-gara berlibur.

Pelesiran seorang diri dapat menjadi bentuk self-love. Namun, sebelum berangkat, pastikan segala kewajiban finansial telah terpenuhi.
Foto: Republika/Prayogi
Pelesiran seorang diri dapat menjadi bentuk self-love. Namun, sebelum berangkat, pastikan segala kewajiban finansial telah terpenuhi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Travel blogger Kenny Santana membagikan beberapa kiatnya untuk mengatur keuangan sebelum memutuskan untuk melancong sendiri (solo travelling) di dalam maupun luar negeri. Bagi pemilik akun Instagram @kartuposinsta itu, hal terpenting dalam mengelola keuangan adalah telah menuntaskan kewajiban finansial sebelum menyisihkan uang untuk kebutuhan tersier seperti wisata.

"Aku melakukan kewajibanku dulu, seperti menabung, investasi, bayar kredit, asuransi, dan kewajiban lainnya. Itu aku tuntaskan dulu. Selanjutnya, setelah menyisihkan uang untuk kebutuhan yang penting, baru sisanya untuk bersenang-senang, sehingga nantinya kita tidak merasa bersalah (karena kewajibannya sudah dituntaskan)," kata Kenny kepada Antara, Selasa (12/7/2022).

Baca Juga

Membereskan segala kewajiban finansial pun dirasa penting bagi Kenny, menyusul banyaknya istilah seperti healing dan self love yang ditakutkan malah membuat keuangan menjadi tidak sehat. Sebab, pengeluaran menjadi tidak terkontrol dan bertanggung jawab.

"Jangan sampai healing-nya di depan kewajiban. Nanti malah takutnya menjadi stres karena kewajibannya belum terpenuhi," kata dia.

Kenny mengaku membagi penghasilannya ke dalam beberapa pos anggaran. Namun, ia tidak memiliki persentase tertentu.

"Tidak baku harus menyisihkan sekian persen untuk pos tertentu. Yang penting, ketika kewajibannya sudah terpenuhi, dan ketika kita mendapatkan bonus gitu, bisa ditaruh ke pos tabungan atau investasi," ujar Kenny.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement