Rabu 22 Jun 2022 20:32 WIB

Sambut Hari Jadi Jakarta, Musisi Koko Halmahera Hadirkan Lagu Kita Saudara

Melalui lagu berjudul Kita Saudara, Koko mengingatkan keberagaman di Jakarta

Koko Halmahera
Foto: istimewa
Koko Halmahera

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak ada kata berhenti bagi musisi Koko Halmahera dalam menelurkan karya. Menyambut hari jadi Kota Jakarta ke-495, musisi asal Bogor ini memberikan pesan pentingnya menjaga persaudaraan melalui lagu.

Melalui lagu berjudul Kita Saudara, Koko mengingatkan keberagaman yang ada di ibu kota harus tetap dan terus dijaga.

"Kota Jakarta dengan dinamika dan lika-likunya telah menjadi rumah bagi jutaan warganya, dan juga tempat berkarya bagi jutaan orang dari berbagai daerah. Semangat itulah yang membuat lagu Kita Saudara ini menjadi pas buat memaknai hari jadi Jakarta," ujarnya dalam keterangannya kepada media di Jakarta, Rabu (22/6).

Untuk membuat lagu ini menarik, Koko membalut lagu ini dengan alunan musik bergenre pop reggae yang disusupi juga dengan lengkingan blues. Pilihan genre musik yang beragam ini, menurut dia, menjadi representasi untuk menunjukkan keberagaman yang dimiliki oleh Jakarta.

 

"Dengan segala keberagamannya, warga Jakarta harus tetap bersatu padu membangun kota agar menjadi tempat yang layak untuk tempat tinggal sekaligus tempat bekerja bagi orang dari berbagai kelompok, suku, dan golongan," kata musisi yang menjadi alumni dari Institut Pertanian Bogor (IPB) ini.

Koko mengaku meski tidak lahir di Jakarta, namun dirinya telah dibesarkan dan berkarya cukup lama di Jakarta. Namun sebagai seorang penulis lagu dan penyanyi, Jakarta sudah menjadi inspirasi besar dalam melahirkan karya. "Jadi bisa dibilang Jakarta sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari perjalanan karier dan hidup saya," ujarnya.

Koko juga menjelaskan lagu ini mengisahkan perihal pengalaman, kesan dan pesan dari impresinya tentang Kota Jakarta. Bagi dia, Kota Jakarta adalah tempat yang menyimpan berbagai kisah dan pengalaman dari para warganya.

"Kota Jakarta juga menjadi magnet dan barometer politik, sehingga mau tidak mau akan mengalami dinamika saat perhelatan politik terjadi," katanya.

Untuk itu, Koko mengingatkan meskipun warganya berbeda pilihan, setiap warga kota Jakarta adalah saudara, yang harus hidup berdampingan, saling memaafkan, saling bekerja sama untuk kemajuan kota dan kesejahteraan warganya.

"Jadi tetaplah kita jaga persaudaraan yang sudah ada di Jakarta. Melalui lagu Kita Saudara, saya berharap keberagaman yang dimiliki Jakarta bisa membuat tali persaudaraan kita tetap kuat dan terjaga," katanya.

Lagu ini, kata Koko, sudah hadir dan dapat didengarkan melalui saluran digital streaming platform seperti Spotify, Joox, Apple Music, iTunes, Youtube music, dan lain-lain. "Harapan saya semoga lagu ini bisa menjadi kado buat HUT Jakarta," ujarnya.

Koko pun juga memberikan penggalan lagunya untuk tetap menjaga persaudaraan.

Banyak silaturahmi

Insya Allah banyak rejeki

Jaga persahabatan

Kalau salah saling maafkan

 

Kita beda pilihan

Tapi tetap satu tujuan

Walau kita berbeda

Lo gue warge jakarte tetep sodare

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement