Rabu 15 Jun 2022 18:30 WIB

Cegah Strok, Hindari Alkohol dan Makanan Jenis Ini

Kenali gejala strok agar penderita bisa mendapatkan pertolongan yang tepat dan cepat.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Deteksi gejala strok dengan metode FAST. Minuman beralkohol tinggi kalori hingga memicu penambahan berat badan dan melipatgandakan risiko strok.
Foto:

Selain menghindari alkohol, NHS mencatat bahwa diet rendah lemak dan tinggi serat bisa membantu mencegah strok. Caranya dengan mengonsumsi banyak buah, sayuran segar dan biji-bijian, lalu menghindari makanan tinggi garam dan makanan olahan.

"Anda harus membatasi jumlah garam, disarankan tidak lebih dari 6 gr sehari karena terlalu banyak garam akan meningkatkan tekanan darah. Takaran 6 gr garam adalah sekitar satu sendok teh," kata NHS.

Olahraga teratur juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan menjaga tekanan darah tetap sehat. NHS juga meminta siapapun yang mencurigai diri sendiri atau orang lain mengalami strok untuk segera memeriksakannya ke rumah sakit.

photo
Deteksi gejala strok dengan metode FAST - (Republika)

Gejala utama strok bisa diingat dengan akronim "FAST", yakni face (wajah), arms (lengan), speech (bicara), dan time (waktu).

- Face: Wajah penderita mungkin jatuh di satu sisi. Orang tersebut mungkin tak bisa tersenyum dan mulut atau matanya terkulai.

- Arms: Penderita mungkin tidak bisa mengangkat kedua lengan dan menahannya di atas karena kelemahan atau mati rasa pada salah satu lengan.

- Speech: Cara berbicara penderita mungkin tidak jelas, pelo, atau tidak bisa berbicara sama sekali.

- Time: Segera hubungi dokter jika mengalami atau melihat gejala tersebut pada keluarga atau rekan Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement