Ahad 12 Jun 2022 00:20 WIB

Tanda Fatty Liver Ada di Area Perut, Seperti Apa Rasanya?

Hati yang sehat tidak memiliki lemak atau hanya memiliki sedikit lemak.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Obesitas (ilustrasi). Kegemukan merupakan salah satu faktor risiko perlemakan hati.
Foto:

Melalui pemeriksaan, dokter juga bisa menilai seberapa banyak jaringan parut yang sudah terbentuk pada organ hati. Keberadaan jaringan parut bisa memberi petunjuk menegnai seberapa jauh penyakit perlemakan hati sudah berkembang.

"Para dokter menggunakan serangkaian tes untuk mendapatkan beragam informasi dan gambaran keseluruhan mengenai apa yang terjadi," kata British Liver Trust.

Secara umum, terapi utama untuk penyakit perlemakan hati adalah pola makan yang sehat, bergerak aktif, dan menurunkan berat badan pada individu yang kegemukan. Menjauhi atau membatasi konsumsi alkohol juga penting untuk dilakukan.

Cara-cara ini mungkin tampak seperti nasihat sederhana. Akan tetapi, perubahan gaya hidup ke arah yang lebih sehat dapat membantu mengurangi penumpukan lemak dan peradangan pada hati. Sebagai contoh, penurunan berat badan sebanyak lima hingga 10 persen pada individu kegemukan dapat menghentikan dan bahkan memperbaiki kerusakan hati.

"Saat ini tidak ada obat yang secara khusus mengobati NAFLD, tapi ada banyak penelitian yang sedang dilakukan untuk mengembangkan beberapa pengobatan," jelas British Liver Trust.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement