Selasa 31 May 2022 00:30 WIB

Jus Ini Bisu Picu Efek Samping Bahaya Jika Diminum dengan Obat Kolesterol

Tidak semua jus buah aman untuk diminum bersama obat.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Obat kolesterol (ilustrasi). Jus delima bisa memiliki dampak negatif jika dikombinasikan dengan obat kolesterol
Foto:

Sementara jus delima dapat mengganggu ACE inhibitor, jus grapefruit atau jeruk bali merah telah diketahui mengganggu statin. British Heart Foundation mengingatkan untuk menghindari konsumsi jus grapefruit saat menggunakan simvastatin atau atorvastatin karena dapat meningkatkan risiko efek samping.

"Jika Anda menggunakan jenis statin lain, batasi asupan jus grapefruit dalam jumlah yang sangat kecil atau Anda mungkin ingin menghindarinya sama sekali," kata British Heart Foundation, seperti dilansir laman Express, Senin (30/5/2022).

Efek sampingnya termasuk sakit kepala, pusing, merasa sakit, merasa sangat lelah atau lemah secara fisik, sembelit, diare, gangguan pencernaan, nyeri otot, hingga masalah tidur. Di sisi lain, statin juga digunakan sebagai salah satu obat untuk melawan penyakit jantung di Inggris.

Setiap tiga menit seseorang meninggal karena penyakit kardiovaskular di Inggris, sementara lebih dari tujuh setengah juta warga Inggris hidup dengan kondisi tersebut. Angka-angka ini akan memburuk karena efek pandemi Covid-19 dan kebiasaan gaya hidup yang tak sehat.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement