Ahad 29 May 2022 05:00 WIB

Tinggi Badan Seseorang Berkorelasi dengan Peningkatan Risiko Kanker Kolorektal

Risiko kanker kolorektal lebih tinggi pada orang yang jangkung.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit perut (ilustrasi). Menurut data, setiap peningkatan 10 sentimeter dikaitkan dengan risiko 14 persen lebih tinggi untuk kanker usus kolorektal.
Foto:

Jumlah sel pada orang yang lebih tinggi jauh lebih besar daripada pada orang yang lebih kecil. Rekan penulis studi, dr Elinor Zhou, mengatakan, salah satu alasan yang mungkin menciptakan keterkaitan ini adalah tinggi badan orang dewasa berkorelasi dengan ukuran organ tubuh.

Dr Zhou menyebut, proliferasi yang lebih aktif pada organ orang yang lebih tinggi dapat meningkatkan kemungkinan mutasi yang mengarah pada transformasi ganas. Perkembangan kanker dimulai ketika sel memperoleh kemampuan untuk berkembang biak.

Ini dapat terjadi di mana saja di dalam tubuh. Mutasi dapat terbentuk dari waktu ke waktu, dengan cara yang lambat dan progresif.

Itu menjelaskan mengapa banyak orang didiagnosis di kemudian hari. Sel-sel berkumpul menjadi tumor yang terus menyerang jaringan tetangga dalam proses yang dikenal sebagai metastasis.

Sebagian besar kanker disebabkan oleh faktor-faktor yang dapat dimodifikasi, seperti merokok, diet, dan minum. Mengurangi asupan lemak jenuh dan daging merah sangat penting untuk menurunkan risiko kanker usus besar, dan kanker prostat.

Sebagai alternatif, orang harus memasukkan lebih banyak buah dan sayuran dalam makanan mereka jika memungkinkan, karena makanan ini kaya akan serat, vitamin, mineral, antioksidan, dan fitokimia. Anda juga harus menjadi lebih aktif secara fisik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement