Ahad 22 May 2022 12:56 WIB

Vaksin Booster Beri Perlindungan Luas dari Risiko Terinfeksi Omicron dan Keturunannya

Studi terbaru ungkap manfaat spesifik pemberian vaksin booster terhadap omicron.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin Covid-19. Vaksinasi dosis booster tampak bermanfaat untuk lindungi penerimanya dari omicron.
Foto:

Sampel darah dari 31 pasien non-ICU yang dirawat di rumah sakit selama gelombang omicron menunjukkan perlindungan antibodi yang jauh lebih baik terhadap deltacron. Penulis utama studi, John Evans, menjelaskan struktur protein lonjakan deltacron mirip dengan varian omicron lainnya.

"Orang yang terinfeksi omicron tampaknya memiliki perlindungan yang cukup baik terhadap deltacron, tetapi orang yang terinfeksi delta memiliki perlindungan yang cukup lemah terhadap deltacron. Namun, dibandingkan dengan booster, infeksi oleh omicron memberikan perlindungan yang jauh lebih sedikit terhadap deltacron," ujar kandidat doktor di Ohio State itu.

photo
Kemunculan varian deltacron. - (Republika)

Riset yang terbit di jurnal Cell Host & Microbe tersebut menguji kadar antibodi dalam serum dari 48 profesional perawatan kesehatan setelah dosis vaksin mRNA kedua dan menguji 19 peserta setelah dosis vaksin mRNA ketiga. Studi juga meninjau 31 pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit selama lonjakan omicron.

Usai dua dosis vaksin, petugas kesehatan memiliki konsentrasi antibodi penetralisir yang sangat lemah terhadap varian omicron. Konsentrasi itu menjadi seimbang setelah booster.

"Tingkat antibodi penetralisir masih lebih rendah terhadap omicron dibandingkan dengan virus induk, tetapi jauh lebih sebanding antarvarian dan jauh lebih tinggi. Jadi, booster memberikan perlindungan yang jauh lebih kuat dan perlindungan yang jauh lebih luas," tutur Evans, dikutip dari laman Indian Express, Ahad (22/5/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement