Senin 09 May 2022 13:16 WIB

Susah Tidur Nyenyak Saat Cuaca Panas, Bagaimana Cara Mengakalinya?

Banyak orang kesulitan tidur dengan nyenyak saat cuaca sedang panas.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Kegerahan saat tidur (ilustrasi). Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk membuat tidur lebih nyaman saat cuaca panas.
Foto:

Selain menjaga ruangan tetap dingin, Higgins merekomendasikan pakaian pendingin sebelum tidur, khususnya kaus kaki. Menurut Higgins, kaki mengandung banyak ujung saraf untuk tubuh sehingga mendinginkan kaki dapat menurunkan suhu keseluruhan tubuh.

"Cobalah masukkan kaus kaki ke dalam lemari es dan kemudian pakai sebelum tidur agar tubuh Anda tetap dingin," kata dia sembari memperingatkan untuk melepas kaus kaki sebelum tertidur.

Selain menjaga tubuh dan ruangan sedingin mungkin, menjaga ketenangan pikiran juga adalah kunci. Setelah hari yang panjang, pikiran bisa lelah sehingga tidak mendukung tidur nyenyak.

Higgins merekomendasikan untuk menggabungkan latihan relaksasi di area kepala, latihan pernapasan dan meditasi sebelum pergi tidur. Proses ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memungkinkan tubuh untuk tertidur dengan lebih mudah.

Sebelumnya, penelitian menunjukkan bahwa kualitas tidur di Inggris telah menurun. Para ahli menduga hal ini dipicu oleh peningkatan kecemasan karena pandemi, perang di Ukraina, krisis biaya hidup, dan insomnia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement