Jumat 29 Apr 2022 13:38 WIB

Tips Mendekor Ulang Rumah Menjelang Hari Raya

Cara mendekorasi rumah agar tampak rapi serta nyaman untuk semuanya?

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Tips Mendekor Ulang Rumah Menjelang Hari Raya
Tips Mendekor Ulang Rumah Menjelang Hari Raya

Hari lebaran merupakan hari yang selalu dinantikan oleh setiap umat Islam dimanapun mereka berada. Selain hari terse adalah puncak dari hari Ramadhan, ada hal yang lain yang selalu dinantikan yaitu berkumpulnya semua keluarga di momen tersebut. Kita semua akan selalu merindukan momen seperti itu. 

Mempersiapkan datangnya hari raya  pada umumnya kita lakukan jauh-jauh sebelumnya, mulai perencanaan menu makan, cemilan, busana hingga kegiatan keluarga lainnya di hari lebaran.

Namun selain itu semua, kita perlu menyiapkan atau mendekor ulang rumah agar momentum yang berharga ini bisa kita lewati dengan perasaan nyaman. 

Mendekor rumah memang bukan hal yang diwajibkan dalam persiapan menyambut hari lebaran, namun adanya hari yang spesial seperti hari lebaran serta momentum kumpul keluarga yang berharga tak ada salahnya kan untuk dipersiapkan? Kita perlu mendekorasi rumah agar tampak rapi serta nyaman untuk semuanya.

 

Nah, berikut tips yang dapat kita lakukan agar rumah jadi nyaman dan siap menyambut keluarga jelang hari raya : 

 

1. Menghias tirai dengan tema Hari Raya

Tirai dengan Tema Hari Raya

Tirai dengan Tema Hari Raya

Hampir semua tipe rumah di Indonesia memiliki jendela serta menggunakan tirai atau gorden dari kain yang mempunyai fungsi sebagai penghias ruangan dan melindung dari pandangan luar.  Tanpa kita sadari terkadang tirai yang sudah kita gunakan telah penuh dengan debu.

Kita perlu membersihkan ulang atau memasang tirai yang sudah kita cuci bersih. Jika memungkinkan kita bisa menyiapkan tirai khusus untuk hari raya yang tentunya memiliki warna atau nuansa khas hari raya. Hal ini dapat menghadirkan suasana yang kental dengan perayaan hari raya Idul Fitri. 

Baca Juga: Ingin Punya Tanaman Hias di Kamar Tidur? Ini Pilihannya

 

2. Isi toples cantik dengan kue-kue kering

Toples Isi Kue Lebaran

Toples Isi Kue Lebaran

Masyarakat Indonesia sangat menggemari berbagai cemilan sebagai makanan ringan. Begitupun dengan kita. Namun ada beberapa hal yang sangat khas ketika hari raya Idul Fitri ini datang. Kue-kue kering yang khas selalu hadir sebagai cemilan. Sehingga hari raya tidak akan lengkap tanpa adanya cemilan kue kering untuk kita nikmati bersama keluarga. 

Kita bisa mulai menyiapkan toples-toples beserta isinya. Lalu letakkan pada tempat yang sudah kita tata sedemikian rupa. Sehingga setiap keluarga yang datang dapat menikmatinya bersama.

Dan jangan lupa letakkan toples cantik kita di tempat yang aman. Jika kita menggunakan toples berbahan kaca pastikan untuk meletakkannya di tengah-tengah meja. 

3. Membersihkan, menata ulang, menghias meja makan 

Menata Meja Makan

Menata Meja Makan

Makanan apa yang selalu berkaitan dengan hari raya Idul Fitri? Kita selalu menikmati hari raya dengan berbagai menu makanan rumahan yang menjadi kerinduan kita, baik itu lontong ataupun ketupat, rendang ataupun opor ayam dan sebagainya. Menu makanan ini kita siapkan untuk menyambut keluarga dan menikmatinya bersama. 

Hal ini tentu akan terganggu ketika meja makan atau keadaan ruangan yang tidak bersih. Untuk itu, menjelang hari raya Idul Fitri kita perlu membersihkan serta menata ulang kembali meja makan atau area santap yang akan kita gunakan.

Agar baik keluarga dan tamu merasa nyaman. Sedikit sentuhan hiasan juga bisa kita tambah agar meja tampak berbeda atau spesial di hari yang memang berharga. 

Baca Juga: Dekorasi Kamar Tidur? Berikut 10 Cara Membuat Desain Kreatifnya Tanpa Bikin Dompet Jebol

 

4. Hiasi rumah dengan berbagai potret keluarga 

Foto Keluarga

Ketika kesempatan datang membawa kita pulang kembali di rumah asal, dan keluarga yang jauh mulai berdatangan, ada satu hal yang juga perlu kita lakukan. Yaitu memasang berbagai potret keluarga di dinding-dinding rumah kita. Atau mulai membersihkannya. 

Karena ketika keluarga kita melihatnya, itu akan menjadi momen bernostalgia bersama dan merasakan keakraban. Di momen yang datang hanya setahun sekali ini, hal ini memang perlu kita manfaatkan untuk kembali merekatkan rasa kekeluargaan dan persaudaraan yang kita miliki. 

5. Gunakan bunga segar dalam vas 

Vas Bunga

Vas Bunga

Tidak ada aturan baku untuk menggunakan bunga segar, namun selain kebersihan dan kerapian rumah ketika hari raya tiba, sentuhan bunga segar di beberapa sudut rumah atau tengah meja akan menghadirkan suasana segar serta wangi yang alami. Selain dapat memberikan suasana segar, adanya bunga juga dapat mempercantik rumah kita. 

6. Menata kembali halaman depan rumah

Halaman Depan Rumah

Halaman Depan Rumah

Hari raya Idul Fitri adalah hari yang spesial, sebelum kita menyiapkan bagian dalam rumah hal yang terpenting adalah penampilan depan rumah atau teras rumah. Seperti yang kita ketahui bahwa penampilan luar juga bisa menjadi tolak ukur orang dalam mendeskripsikan diri kita begitupun dengan keadaan rumah kita. 

Tidak perlu banyak sentuhan hal baru, kita hanya perlu membersihkan serta menata ulang agar tampak rapi dan tertata. Jika kita merencanakan hal baru seperti duduk bersama di teras rumah bersama keluarga atau bermain bersama cucu-cucu atau anak, kita bisa menambahkan kursi atau meja untuk mengawasi mereka. 

Menyiapkan dan Merapikan Rumah Sebagai Bagian dari Kegiatan Positif

Ada banyak hal yang perlu kita siapkan menjelang datangnya hari raya Idul Fitri meski ini masih minggu pertama Ramadhan dan hari raya masih jauh. Namun jika kita menjalaninya dengan bahagia, maka tidak terasa kita akan segera menyambut hari raya. Untuk itu sebelum hari raya Idul Fitri datang, mari kita lakukan kegiatan yang positif seperti menyiapkan rumah agar menjadi tempat yang nyaman untuk kita semua. 

Baca Juga: 7 Cara Dapatkan Dana Renovasi Rumah

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement