Jumat 29 Apr 2022 13:21 WIB

4 Cara Menjaga Silaturahim Selama Ramadhan pada Masa Pandemi

Banyak orang tidak mudik dan lebih memilih lebaran di rumah.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
4 Cara Menjaga Silaturahmi Selama Ramadhan di Masa Pandemi
4 Cara Menjaga Silaturahmi Selama Ramadhan di Masa Pandemi

Meski masih pandemi, tapi lebaran tahun ini pemerintah Indonesia memperbolehkan masyarakat untuk melakukan pulang ke kampung halaman alias mudik. Hal ini tentunya menjadi kesempatan yang besar bagi kebanyakan orang yang belum mudik ke kampung di lebaran tahun sebelumnya. 

Akan tetapi, masih banyak orang juga yang tidak mudik dan lebih memilih lebaran di rumah. Tak perlu khawatir, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap menyambung tali silaturahmi dengan  keluarga, saudara, atau bahkan teman dan juga relasi. 

Berikut beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk menjaga silaturahmi dan tradisi di bulan Ramadhan nanti:

 

 

1. Berkomunikasi secara rutin lewat media sosial

media sosial

Media sosial

Komunikasi yang lancar merupakan salah satu cara menjaga silaturahmi tetap baik dan terjaga sepanjang waktu. Hal ini tentu tidak lagi menjadi halangan di masa pandemi seperti ini, di mana kamu tidak bisa bertemu langsung dengan para kerabat maupun teman. 

Akses internet yang begitu mudah memungkinkan kamu tetap berkomunikasi dengan dan menjaga tali silaturahmi dengan baik. Manfaatkan media sosial untuk berkomunikasi secara lancar dengan cara online. Ada banyak platform yang bisa  digunakan, seperti: Facebook, Instagram, WhatsApp, Telegram, dan yang lainnya.

Pilih platform yang tepat dan tentunya digunakan oleh kerabat atau teman.  Kamu bisa bertatap muka melalui sambungan video call dengan mereka. Bukan hanya dengan satu orang saja, namun pada umumnya platform ini memungkinkan pembicaraan dilakukan oleh grup atau beberapa orang sekaligus.

Baca Juga: Ingin Sharing Momen Lebaran? Ini Dia Tips Upload Momen Lebaran ke Instagram Biar Tambah Spesial

2. Menjalankan tradisi berkirim parcel lebaran

Selain saling mengunjungi dan bersilaturahmi secara langsung, berkirim parcel juga merupakan salah satu tradisi Ramadhan yang banyak dilakukan. Ini merupakan cara menyambung silaturahmi yang tepat  di masa pandemi seperti ini.  

Kamu tidak perlu bepergian atau mengunjungi keluarga dan kerabat secara langsung, namun tetap menjalankan tradisi Ramadhan yang kerap dirindukan ini.

Siapkan parcel yang cantik di bulan Ramadhan nanti untuk para kerabat dan juga sahabat. Jika senang membuat kue kering atau panganan Ramadhan lainnya, maka tidak ada salahnya mempersiapkan parsel ini sendiri. 

Jika ingin lebih praktis, membeli parcel yang sudah jadi juga tidak ada salahnya. Gunakan layanan ekspedisi online untuk mengirimkan parcel tersebut. Selain lebih aman untuk kesehatan, cara ini juga akan menghemat banyak waktu dan tenaga.

3. Melakukan acara buka bersama secara online

buka puasa

Buka puasa

Berbuka puasa bersama merupakan tradisi Ramadhan yang biasanya paling ditunggu selama bulan puasa. Selain berbuka dengan keluarga, acara yang satu ini juga kerap dilakoni dengan teman atau bahkan rekan kerja. 

Selama masa pandemi acara berbuka seperti ini hampir tidak mungkin untuk dilakukan lagi, sama seperti Ramadhan tahun ini. Namun jika ingin melakukan tradisi yang satu ini dengan cara yang berbeda, kamu bisa menikmatinya secara online.

Manfaatkan media sosial untuk berbuka  puasa bersama dengan keluarga besar atau bahkan para sahabat. Meski tidak bisa bertemu secara langsung, setidaknya cara ini akan mengobati kerinduan akan momen tersebut. 

Berbuka puasa dengan cara online seperti ini juga akan memberikan pengalaman unik dan baru. Kamu bisa  menikmati beragam menu berbuka dengan orang-orang tercinta, tanpa harus mengambil risiko besar untuk kesehatan.

Baca Juga: Tradisi Ramadhan di 10 Negara ini Redup Gegara Corona

4. Menjalankan tradisi berbagi angpao lebaran secara online

Angpao Ramadhan juga menjadi salah satu tradisi yang selalu ditunggu, terutama oleh anak-anak dan juga para remaja. Jika selama 2 tahun belakangan tradisi yang satu ini tidak lagi dijalankan, maka kamu bisa membuat Ramadhan tahun ini menjadi berbeda dari sebelumnya. 

Siapkan dana untuk angpao Ramadhan dalam keuangan, meskipun tidak akan bertemu langsung dengan para keponakan. Manfaatkan layanan transfer online untuk mengirimkan angpao Ramadhan kepada orang-orang tercinta. 

Hampir semua bank menyediakan layanan yang satu ini, beberapa bahkan tanpa biaya sama sekali. Selain itu, layanan aplikasi pengiriman uang online juga bisa menjadi pilihan lainnya. 

Cara yang satu ini akan membuat Ramadhan untuk orang terdekat kamu tetap istimewa, meskipun bertemu secara langsung masih belum mungkin dilakukan.

Nikmati Tradisi Ramadhan Lebih Praktis di Masa Pandemi

Akses yang terbatas dan sulitnya untuk bepergian menjadi tantangan tersendiri untuk tetap menjalankan tradisi Ramadhan sebagaimana biasanya. Namun di tahun ini kamu bisa membuatnya menjadi berbeda, coba berbagai tradisi tersebut dengan cara yang lebih praktis. Tetaplah jaga silaturahmi dan nikmati tradisi Ramadhan dengan cara yang tepat selama masa pandemi ini.

Baca Juga: 7 Negara dengan Tradisi Ramadhan Terunik, Ada Indonesia Juga!

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement