Jumat 29 Apr 2022 00:25 WIB

5 Tanda yang Bikin Vladimir Putin Diduga Alami Gangguan Neurologis, Kemungkinan Parkinson

Presiden Rusia Vladimir Putin sebelumnya juga diduga mengidap kanker.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara selama pertemuan Dewan Pengawas Tanah Peluang Rusia di Kremlin, di Moskow, Rusia, Rabu, 20 April 2022. Muncul spekulasi bahwa Putin tidak sehat, mengidap Parkinson.
Foto:

Sementara itu, Putin terlihat gelisah dan gemetar pada kebaktian Paskah di Katedral Christ the Savor Moskow. Dia digambarkan tampak gelisah dan menggigit bibirnya.

Putin tidak melakukan apa pun untuk mencegah spekulasi ketika dia muncul di rapat umum pro-perang untuk memperingati pencaplokan Krimea di Moskow pada Maret. Pertemuan itu yang dihadiri oleh ribuan pendukung.

Mantan kepala dinas rahasia Inggris dari 1999 hingga 2004, Sir Richard Dearlove mengatakan bahwa sering kali ada hubungan antara penyakit dan kehilangan kendali. Meski begitu, ini hanyalah spekulasinya.

"Penjelasan terbaiknya ialah kita tidak tahu apakah itu benar atau tidak, kemungkinan dia menderita Parkinson," kata Dearlove.

Parkinson adalah gangguan neurodegeneratif yang mempengaruhi gerakan, biasanya pada satu sisi tubuh. Sementara itu, akademisi dari Texas Tech University, Erik Bucy ,mengatakan kondisi Putin sangat lemah dibandingkan dengan pria yang biasa tampil beberapa tahun lalu.

"Ini bukan potret Putin yang sehat, tetapi potret yang tampak semakin lemah dan nyaris tidak bisa berdiri tegak di depan meja kecil konferensi," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement