Selasa 26 Apr 2022 05:27 WIB

7 Kisah Artis Wanita Mualaf, Mulai dari Dewi Sandra dan Dian Sastro

7 Kisah Artis Wanita Mualaf, Mulai dari Dewi Sandra dan Dian Sastro

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Dewi Sandra
Dewi Sandra

VIVA – Dunia hiburan memang selalu memiliki cerita, salah satunya adalah artis wanita mualaf. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa agama yang sudah resmi diakui negara. Setiap warga negara juga diberikan hak dan kebebasan untuk memilih serta melaksanakan agamanya masing-masing. Tidak jarang perpindahan agama terjadi di Indonesia, salah satunya adalah para artis. Nah, berikut adalah ulasan tentang artis wanita mualaf yang disadur dari berbagai sumber.

Dewi Sandra

 

Baca Juga

Dewi Sandra Killick atau yang lebih dikenal dengan Dewi Sandra mengalami banyak lika-liku dalam hidupnya hingga akhirnya ia memutuskan untuk memeluk agama Islam. Lahir pada 3 April 1980 di Rio de Janeiro, Brazil, artis cantik ini merupakan mantan penyanyi dan model yang masuk Islam pada tahun 2000 saat menikah dengan suami pertamanya, Surya Saputra. Setelah 4 tahun menikah, pernikahan itu kandas pada 2005. Setahun kemudian, Dewi menikah dengan mendiang Glenn Fredly.

Dari pernikahan ini, Dewi Sandra meninggalkan agama Islam. Namun pernikahannya dengan Glenn Fredly berakhir lagi pada tahun 2009. Dewi Sandra memutuskan untuk kembali memeluk Islam setelah banyak hal yang ia lalui. Baginya, hanya Islam yang bisa menjawab semua pertanyaan dalam hidupnya. Delapan tahun setelah masuk Islam, aktor sinetron Hati Sang Istri kini dikenal dengan OOTD hijab kekiniannya dan menjadi panutan.

 

Dian Sastrowardoyo

 

Dian Sastro adalah artis wanita mualaf sejak usia 22 atau sekitar tahun 2002. Diketahui bahwa ibu Dian dikenal beragama Katolik, sedangkan ayahnya beragama Buddha. Karena perbedaan keyakinan orang tuanya, Dian Sastro telah mempelajari banyak agama, dari Buddha, Hindu, Taoisme, Katolik hingga Konghucu.

Namun, Dian Sastro pernah memendam rasa takut terhadap Islam yang dianggapnya sebagai agama yang kejam. Di bawah bimbingan seorang guru spiritual yang mendalam, pandangan Dian tentang Islam berubah. Ia juga membacakan dua kalimat syahadat pada malam Isra Mikraj tahun itu.

Banyak pihak yang meragukan keputusan Dian untuk pindah agama, terutama yang berasal dari keluarga besar. Namun, Dian percaya pada apa yang dia anggap sebagai mualaf dan sampai saat ini menjadi seorang mualaf.

Alice Norin

 

Diketahui bahwa ibu Alice Norin beragama Islam dan ayahnya beragama Kristen. Karena perbedaan keyakinan orang tuanya, Alice mempelajari dua agama sekaligus. Namun, Alice memutuskan untuk masuk Islam pada tahun 2007. Saat itu, Alice membaca doa bahasa Indonesia pada saat melaksanakan sholat karena dia masih kurang pengetahuan Islam.

Namun, setelah berdoa, dia merasakan banyak berkah. Artis wanita mualaf ini memiliki nasihat ketika dia masih mahasiswa bahwa jika dia berdoa, nilainya akan menjadi lebih baik. Mungkin itulah yang menuntunnya untuk mendapatkan hidayah. 

Marsha Timothy

 

Marsha Timothy, aktris cantik sekaligus istri Vino G. Bastian, memutuskan masuk Islam jauh sebelum menikah. Diketahui, Marsha memutuskan masuk Islam bukan karena Vino, tapi karena tekadnya sendiri. Sebelumnya, Martha Timothy adalah seorang penganut agama Kristen.

Pernikahannya dengan Vino kemudian berlangsung secara Islami pada 20 Oktober 2012, yang mengarah pada keyakinan bahwa Marsha masuk Islam karena suaminya, meskipun Marsha menyangkalnya.

Soraya Larasti

 

Soraya Larasati mengaku banyak melakukan hal buruk semasa muda. Di usia 20-an, artis Batak keturunan Tionghoa-Amerika ini mendobrak dunia modelling, dan kemudian terjun ke dunia akting dengan tampil di berbagai judul sinetron populer pada saat itu. Kehidupan selebritasnya membuat Soraya sering ke pesta dan kehidupan malam, yang membuat ayahnya Budianto Kusnandi gelisah saat putrinya terjerumus ke dalam pergaulan bebas.

Ayahnya juga sering bertanya di mana dia dan kapan dia akan pulang. Suatu hari, Soraya yang baru pulang dari pesta, melihat ayahnya, yang masuk Islam, melakukan shalat Tahajud agar putrinya bisa mendapat hidayah. Artis wanita mualaf ini tergerak oleh kejadian ini. Akhirnya, ia menyesali perbuatannya dan mulai mendekatkan diri kepada Allah SWT. Pada 2012, Soraya memutuskan untuk masuk Islam.

Rina Diana

 

Sosok Rina Diana yang dikenal sebagai pemain sinetron dan FTV memang malang melintang di layar kaca. Artis keturunan Manado-Pakistan itu masuk Islam pada 2011, menurut penuturannya di saluran YouTube Film Record. Ketika dia masih kecil, ayahnya yang Katolik selalu membiarkan dia memilih apakah Rina ingin masuk Katolik atau Islam.

Ketika Rina tinggal di Jakarta pada tahun 2010, Rina belajar dan pada akhirnya memilih untuk masuk agama Islam. Rina terus terang mengatakan bahwa setiap kali dia melihat orang-orang setelah berdoa, Lina menjadi tertarik untuk belajar bagaimana berdoa. Meski belum berhijab hingga saat ini, Rina telah memperlihatkan beberapa foto dirinya mengenakan hijab melalui akun media sosialnya.

Renata Kusmanto

 

Renata Kusmanto adalah seorang model dan aktris keturunan Tionghoa Jawa. Istri aktor Fachri Albar ini resmi masuk Islam pada Mei 2014. Renata mengucapkan dua kata iman di Masjid Sunda Kelapa. Di tahun yang sama, Renata dan Fachri menikah pada Kamis, 12 Juni 2014. Renata mengalami kesulitan sejak awal sebagai mualaf. Ia juga mempelajari Islam dan Al-Quran dari mertuanya dan mempelajari Al-Quran melalui terjemahan.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement