Ahad 01 May 2022 22:21 WIB

Bingung Tugas Menumpuk, Berikut Lima Tips agar Tetap Fokus

Penetapan skala prioritas akan membantu meringankan pekerjaan

Saat bekerja kita sering kali dihadapkan para kenyataan tugas yang menumpuk. Sehingga diperlukan kiat khusus agar pekerjaan yang menumpuk tersebut semuanya dapat terselesaikan tepat waktu.
Foto: zenius
Saat bekerja kita sering kali dihadapkan para kenyataan tugas yang menumpuk. Sehingga diperlukan kiat khusus agar pekerjaan yang menumpuk tersebut semuanya dapat terselesaikan tepat waktu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat bekerja kita sering kali dihadapkan para kenyataan tugas yang menumpuk. Sehingga diperlukan kiat khusus agar pekerjaan yang menumpuk tersebut semuanya dapat terselesaikan tepat waktu. Platform edukasi berbasis teknologi, Zenius, telah merangkum lima tips yang bisa kita terapkan untuk tetap fokus dengan satu hal dalam satu waktu.

Buat Skala Prioritas

Baca Juga

Pemilihan tugas mana yang lebih dahulu dikerjakan akan membantu memudahkan dalam skala prioritas. Untuk hal yang sifatnya sangat mendesak, misalnya seperti tugas yang akan segera dikumpulkan, tentu akan masuk di prioritas tertinggi sehingga perlu dikerjakan di awal.

Begitupun sebaliknya dengan hal-hal yang tidak terlalu mendesak,  bisa mengerjakannya setelah tugas yang lebih mendesak sudah selesai. Menyusun skala prioritas dapat dilakukan di pagi hari, atau di malam sebelumnya.

Manfaatkan aplikasi notes yang ada di ponsel, menulis secara manual di jurnal harian, atau menggunakan aplikasi penunjang produktivitas seperti Todoist, Evernote, dan Trello. Jangan sampai terbalik atau tertukar dalam menyusun skala prioritas, supaya dapat mengerjakan semua tugas dengan waktu yang cukup dan tidak tergesa-gesa. 

Jangan Mudah Terdistraksi

Cobalah untuk mengidentifikasi hal-hal apa saja yang membuat kita mudah terdistraksi dan kehilangan fokus. Misalnya bunyi notifikasi ponsel yang membuat kita tergoda untuk membukanya, suara bising yang menyebabkan kamu kesulitan untuk fokus, atau keadaan sekitar seperti kehadiran orang lain di sekitar kita. Setelah itu, berusahalah untuk menghindari segala distraksi tersebut.

Bersikaplah tegas dengan diri sendiri. Mungkin  tidak ada salahnya melihat notifikasi sebentar saja, tapi secara tidak sadar bisa membuka media sosial berjam-jam. Jadi, ada baiknya untuk mengatur ponsel dalam mode sunyi atau bahkan simpan saja ponsel di tempat yang jauh dari jangkauan. Ingat, jika  bisa mengerjakan tugas dengan fokus, maka bisa segera menyelesaikan tugas dan kita bisa melakukan apapun setelahnya dengan bebas.

Ciptakan Situasi yang Nyaman

Selain menghindari distraksi, mewujudkan situasi yang nyaman juga bisa menunjang performamu agar lebih fokus. Menata ruangan dengan rapi, menggunakan meja dan kursi yang nyaman, mengatur suhu ruangan yang sejuk, serta menyiapkan minum dan camilan supaya semakin betah berlama-lama mengerjakan tugas.

Kalau anda termasuk orang yang semakin produktif saat mendengarkan musik, maka tidak ada salahnya mengerjakan tugas sambil mendengarkan musik. Menurut situs 7Pace, beberapa studi menyebutkan  musik mempengaruhi produktivitas secara tidak langsung. Musik dapat membuat mood menjadi lebih baik, menghindari rasa bosan, juga meningkatkan fokus. Perlu dicatat, tidak semua musik memiliki efek yang sama. Beberapa orang justru terganggu dengan musik yang memiliki lirik.

Luangkan Waktu untuk Istirahat

Ketika tubuh dan pikiran sudah mulai lelah, jangan terlalu memaksakan diri. Ambil waktu istirahat agar energi dan semangat dapat terisi kembali, sehingga tugas-tugas yang perlu dikerjakan dapat selesai secara optimal. Terdapat waktu 25 menit untuk mengerjakan tugas, belajar, atau bekerja, yang disebut dengan jendela kerja. Kemudian, terdapat interval waktu di mana kamu boleh istirahat sekitar tiga sampai lima menit. Kita bisa menggunakan waktu ini untuk minum, stretching, atau ke toilet.

Jadikan Fokus sebagai Gaya Hidup

Boleh-boleh saja untuk melakukan hal-hal kurang penting, asalkan tahu batas. Jangan sampai waktu dan energi terbuang untuk kegiatan yang kurang bermanfaat di kemudian hari. Dengan melatih diri untuk disiplin dalam mengerjakan seluruh kewajiban serta pandai mengatur waktu, lama kelamaan anda juga akan terbiasa untuk menjalani keseharian dengan fokus. 

Mungkin awalnya akan terasa sulit untuk membangun kebiasaan fokus, tapi semua akan terasa mudah begitu sudah terbiasa. Untuk menunjang fokus dan performa berpikir yang lebih baik, penting untuk menguasai fundamental skills, atau kemampuan dasar yang terdiri dari literasi, numerasi, dan logika. Dengan menguasai tiga kemampuan tersebut, kamu bisa memiliki pola pikir yang tepat, kritis, dan kreatif, sehingga mengerjakan tugas apapun akan menjadi lebih optimal. Selamat mencoba!  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement