Sabtu 23 Apr 2022 12:36 WIB

Kiat Merawat Kulit Kering yang Ikut Meradang Saat Kena Covid

Terpapar Covid-19 memberikan beragam efek pada tubuh temasuk paad kulit

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Christiyaningsih
Puteri Indonesia Lingkungan 2017 dan Miss International 2017, Kevin Liliana, memberikan tips merawat kulit saat meradang karena efek Covid-19.
Foto: Republika/Rahma Sulistya
Puteri Indonesia Lingkungan 2017 dan Miss International 2017, Kevin Liliana, memberikan tips merawat kulit saat meradang karena efek Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Terpapar Covid-19 memberikan beragam efek pada tubuh, mulai dari efek yang ringan hingga berat. Salah satu yang lumayan banyak dilaporkan oleh penderita Covid-19 adalah adanya ruam-ruam merah pada kulit, bahkan ada yang hingga mengelupas.

Seperti yang dialami oleh Puteri Indonesia Lingkungan 2017 dan Miss International 2017, Kevin Liliana, yang harus berhadapan dengan kulit meradang saat terpapar Covid-19. “Waktu Covid, itu aku ngomong perih banget, bibirku kering, kulit juga,” ungkap dia saat ditemui Republika di Gedung Sarinah Jakarta, belum lama ini.

Baca Juga

Kevin juga sempat menemui dokter untuk mengonsultasikan kondisi kulitnya. Akhirnya ia mengaplikasikan minyak zaitun yang ternyata cukup meredakan kulitnya. Selain itu, ia juga cukup sering menggunakan losion untuk kulit tubuh.

Tidak hanya perawatan luar, ia juga melakukan perawatan dari dalam. “Sejak kena Covid aku belajar banget bahwa minum multivitamin itu perlu,” ungkap Kevin lagi.

Usai pulih, Kevin tetap kembali menjalani rutinitasnya termasuk berolahraga. Karena aktivitas fisik memberikan efek segar juga pada kulit. Dia juga mulai mengubah gaya hidupnya, misalnya dulu masih oke untuk menyantap makanan berminyak atau berlemak, itu sudah mulai ia kurangi.

Satu hal yang berpengaruh juga pada kulit adalah stres. Kevin sebisa mungkin selalu berpikir positif, karena dari pengalamannya jika ia mulai stres akan sesuatu maka secara tidak sadar pasti akan memunculkan jerawat. Apalagi sebagai ibu rumah tangga dengan banyaknya aktivitas yang dijalani.

“Kita harus buat diri kita bagaimana caranya supaya kita enak dan nggak stres. Meskipun puasa harus tetap menyediakan makanan bergizi, gimana caranya punya waktu untuk olahraga. Jalanin itu semua sudah cukup,” kata Kevin yang juga jadi pembicara dalam Beauty Talkshow Mustika Ratu spesial Hari Kartini 2022 itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement