Senin 18 Apr 2022 14:43 WIB

Indonesia Ikuti Pameran Kopi Terbesar di Amerika Utara

Indonesia tak hanya memamerkan green beans tapi juga kopi olahan.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Fuji Pratiwi
Indonesia mengikuti pameran pameran kopi spesialti terbesar di Amerika Utara bertajuk Specialty Coffee Expo (SCE) 2022
Foto: KJRI San Francisco
Indonesia mengikuti pameran pameran kopi spesialti terbesar di Amerika Utara bertajuk Specialty Coffee Expo (SCE) 2022

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANCISCO -- Indonesia mengikuti pameran pameran kopi spesialti terbesar di Amerika Utara bertajuk Specialty Coffee Expo (SCE) 2022. Acara ini diselenggarakan oleh Specialty Coffee Association (SCA) di Boston Convention and Exhibition Center, Amerika Serikat pada 7 hingga 10 April 2022 lalu.

Sebanyak 24 pelaku kopi spesialti Indonesia telah berpartisipasi di Paviliun Indonesia. Adapun tema yang digunakan pada Paviliun Indonesia adalah Remarkable Indonesian Coffee: Home of World's Finest Coffee.

Baca Juga

Berbagai jenis kopi spesialti dengan cita rasa tinggi turut dipamerkan. Kopi-kopi tersebut diantaranya kopi Sumatera Arabica Gayo, Lintong, Solok Minang, Kerinci, West Java Preanger, Toraja, Flores, Ciwidey, dan Bali. Indonesia tidak hanya menampilkan green beans, beberapa UKM mengusung brand dengan berbagai varian kopi olahan, seperti roasted whole beans, pour over coffee bag dan single-serve pods.

CEO Putri Coffee Cintha Putri mengungkapkan, partisipasinya pada acara ini menurutnya telah memberikan peluang besar untuk bertemu dan berdiskusi dengan coffee roasters dan coffee shop yang singgah ke booth dari berbagai negara.

"Kami berhasil mengumpulkan beberapa potensi pembeli. Salah satunya ada yang berminat untuk membeli 2 kontainer kopi Ketiara Gayo yang diperkirakan akan di ekspor tahun ini sebagai tahap awal kerja sama," ujar Cintha dalam keterangan pers KJRI San Francisco, Senin (18/4/2022).

Tidak hanya itu, pada pameran kopi tahun ini Putri Coffee menjadi satu-satunya pelaku kopi spesialti Indonesia yang ikut dalam sesi International Women Coffee Alliance (IWCA) cupping event. Hasil dari penjualan kopi tersebut nantinya akan disumbangkan untuk membantu pelestarian harimau Sumatra di Indonesia.

Pandemi Covid-19 telah berdampak pada pasokan kopi dari Amerika Latin ke Amerika Serikat (AS). Hal ini mendorong importir kopi AS untuk melakukan diversifikasi pada pemasok kopi dari negara lain, termasuk Indonesia.

US International Trade Commission 2022 mencatat bahwa ekspor kopi Indonesia ke AS didominasi oleh jenis green beans yang berkualitas tinggi atau specialty. Pada 2021, nilai total ekspor green beans Indonesia ke AS mencapai 179,68 juta dolar AS.

Indonesia menempati peringkat ke-7 di dunia sebagai negara eksportir green beans terbesar ke AS. Hal ini membuktikan bahwa kopi Indonesia sangat diminati oleh konsumen di AS.

Specialty Coffee Expo 2022 telah diikuti oleh lebih dari 40 negara, menampilkan lebih dari 420 exhibitors. Pameran yang berlangsung selama 4 hari ini telah dihadiri oleh 10 ribu pengunjung.

Melalui acara bergengsi ini, peserta pameran membawa produk-produk unggul dan menampilkan inovasi terdepan untuk kopi spesialti. Pameran Kopi SCE tahun 2023 mendatang akan diadakan di Portland, negara bagian Oregon, pada 20 – 24 April 2023, dan di Chicago, negara bagian Illinois, pada 11 – 14 April 2024.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement