Ahad 01 May 2022 06:30 WIB

Hilangkan Penat, Ini Tujuh Destinasi untuk 'Healing' di Jabodetabek

Bila Anda tak berminat pergi jauh, ada tempat-tempat menarik di sekitar ibu kota. 

Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah, Taman Safari Indonesia Bogor menghadirkan beragam penawaran menarik dengan tema besar Safari Lebaran
Foto: Taman Safari Bogor
Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah, Taman Safari Indonesia Bogor menghadirkan beragam penawaran menarik dengan tema besar Safari Lebaran

REPUBLIKA.CO.ID, Pulau Bali pada umumnya menjadi tujuan utama untuk "healing", istilah yang banyak dipakai di media sosial belakangan ini untuk berlibur dan melepas penat serta menyegarkan diri. Bila Anda tak berminat pergi jauh, sebetulnya masih ada tempat-tempat menarik di sekitar ibu kota yang bisa didatangi untuk melepaskan rasa suntuk selama pandemi dan menjadi bahan bakar untuk semangat beraktivitas lagi.

Dikutip dari siaran resmi Pegipegi, Senin (18/4/2022), berikut daftar destinasi di Jabodetabek yang bisa Anda kunjungi. 

1. Taman Safari Bogor

Nama Taman Safari pastinya sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Di sini Anda dapat melihat beraneka ragam satwa mulai dari satwa asli Indonesia hingga satwa asli negeri Tirai Bambu. Tempat ini cocok untuk Anda yang ingin mengajak anak-anak berwisata sekaligus melepaskan penat.

 

2. Kepulauan Seribu

 

photo
Artefak di Pulau Kelor di Kepulauan Seribu. - (Ridwan Saidi)

 

Hanya dengan naik kapal dari Ancol, Anda dapat sampai di pulau-pulau memesona yang ada di Kepulauan Seribu. Salah satu pulau yang paling banyak dikunjungi, yaitu Pulau Pramuka. Anda dapat menikmati keindahan alam bahari bawah laut yang luar biasa dengan snorkeling.

Ketika snorkeling, Anda akan melihat keindahan terumbu karang dan ikan-ikan yang sangat menarik di sini. Desiran angin laut dan keindahan pulau ini akan membuat pikiran Anda kembali segar.

3. Scientia Square Park

 

photo
Scientia Square Park (SQP) dapat menjadi salah satu alternatif liburan bagi keluarga atau anak muda yang ingin mencari suasana yang berbeda. SQP menghadirkan rekreasi edukatif di taman hijau terbuka. - (Santi Sopia/Republika)

 

Berada di tengah kawasan Gading Serpong, Tangerang, Scientia Square Park menawarkan konsep hijau modern. Anda dapat melepaskan penat dengan bermain bersama hewan-hewan yang ada di sini, mulai dari alpaca hingga mini donkey.

Buat yang suka memacu adrenalin, Anda bisa mencoba wahana wall climbing yang tentunya dilengkapi dengan pengaman dan pelindung sesuai standar keamanan. Anda tidak perlu jauh-jauh untuk berwisata bersama keluarga, cukup ke Scientia Square Park dan nikmati semua fasilitas yang ada.

4. Curug Leuwi Hejo

 

photo
Seorang wisatawan melompati air terjun di Curug Leuwihejo, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Wisata alam Curug Leuwihejo menjadi salah satu destinasi wisata alternatif yang ramai dikunjungi pada libur tahun baru Islam 1442 Hijriah dan libur akhir pekan. Republika/Putra M. Akbar - (Republika/Putra M. Akbar)

 

Keindahan Curug Leuwi Hejo membuatnya sering disebut sebagai Green Canyon ala Bogor. Terletak di Kampung Cileungsi, Bogor, Curug Leuwi Hejo menjadi lokasi wisata yang banyak dikunjungi karena suasananya yang sejuk nan asri.

Adanya pegunungan batu di sekitarnya, membuat Curug Leuwi Hejo tampak megah. Curug Leuwi Hejo juga dikelilingi beberapa curug dengan keindahannya masing-masing, yaitu Curug Leuwi Lieuk, Curug Leuwi Ciung, Curug Leuwi Cepet, dan Curug Baliung.

5. Kebun Raya Bogor

 

photo
Pengelola Kebun Raya Bogor, PT Mitra Natura Raya (MNR) mengajak awak media menyaksikan konsep wisata Glow. - (Republika/Shabrina Zakaria)

 

Wisata segar nan hijau juga dapat Anda nikmati ketika berkunjung ke Kebun Raya Bogor. Anda dapat melakukan sesi foto Instagramable sambil menambah wawasan ilmu pengetahuan di sini.

Anda dapat mengunjungi taman-taman, pemakaman kuno Belanda, museum Zoologi, monumen Reinwardt, dan jembatan gantung. Di dalam Kebun Raya Bogor juga terdapat sebuah danau yang eksotis ditumbuhi tanaman teratai sehingga membuatnya terlihat sangat elok. Anda dapat menyegarkan pikiran dari penatnya suasana ibu kota dengan berkunjung ke sini.

6. Cimory Riverside

 

photo
Cimory Riverside - (ROL/Santi Sopia)

 

Buat yang ingin kulineran sambil jalan-jalan, Anda bisa mampir ke Cimory Riverside. Anda dapat menikmati suasana makan ditemani sejuk alam pegunungan. 

Di sini juga banyak wahana menarik, mulai dari Monster Aquarium, Museum Lulu, dan Cimory Forest Walk. Anda juga dapat mengajak anak-anak melihat peternakan sapi di sini. Cimory Riverside berlokasi di Jalan Raya Puncak Gadog, Bogor.

7. Little Venice Kota Bunga

 

photo
Wisata eksotik ala Venesia (Little Venice) di Kota Bunga, di Puncak, Cianjur, Jawa Barat. - (Republika/Muhyiddin)

 

Anda tidak perlu jauh-jauh berlibur ke Kota Venesia. Hanya dengan berkunjung ke Little Venice Kota Bunga di Puncak, Anda dapat menikmati liburan ala Italia. Di sini Anda dapat menaiki gondola atau perahu kecil sambil menyusuri kanal-kanal kecil yang diapit bangunan layaknya bangunan-bangunan di Venesia. Selain itu, Anda juga dapat berfoto ala layak instagram di beberapa replika ikon bangunan dari beberapa negara.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement