Sabtu 16 Apr 2022 11:59 WIB

Ahli Imunologi Ungkap Gejala Utama Omicron XE

Varian XE yang merupakan gabungan dari dua strain omicron ditemukan di Inggris.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Tes cepat antigen. Varian omicron XE adalah varian hibrida dari dua strain terkenal, yakni omicron BA.1 dan BA.2.
Foto:

Awalnya, hanya ada tiga gejala utama yang terkait dengan Covid-19, seperti batuk yang teru- menerus, demam, serta kehilangan fungsi indra penciuman dan pengecap. Sementara XE adalah hibrida dari dua strain omicron.

Dalam kebanyakan kasus, gejala XE berbeda dengan yang terkait dengan strain omicron dan delta, karena genetika dan cara mereka memengaruhi individu yang terinfeksi juga berbeda. Dengan jutaan orang yang sekarang sudah divaksinasi di Inggris, virus ini dapat menginfeksi dengan sangat berbeda.

photo
Infografis rekombinan omicron. - (Republika)

"Penyintas dan status vaksinasi, keduanya dapat mengubah gejala, sehingga gejala apapun tetap masih tidak bisa disepelekan, serta pengujian dan pengurutan genom juga diperlukan untuk diferensiasi ini," kata Dennis.

Mengingat sulit untuk mengenali satu strain dari strain lainnya berdasarkan gejala saja, Denis mengatakan, cara terbaik untuk membedakan Covid-19 dari flu biasa adalah dengan melakukan tes. "Siapa pun yang mengalami gejala seperti pilek, yang khawatir tentang kemungkinan Covid-19 dan menularkan virus ke orang lain, harus melakukan tes," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement