Selasa 12 Apr 2022 06:11 WIB

Anak di Atas 5 Tahun Berisiko Alami Komplikasi Serius Akibat Covid-19

Komplikasi serius Covid-19 pada anak kadang disalahartikan sebagai penyakit lain.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Anak menjalani tes Covid-19 (Ilustrasi). Anak-anak di atas lima tahun dan mereka yang memiliki penanda darah tinggi untuk inflamasi (ferritin) berisiko mengalami sindrom inflamasi multisistem (MIS-C) yang parah.
Foto:

Dalam kebanyakan kasus, kondisi tersebut menyerang anak-anak yang sehat sekitar enam pekan setelah mereka dinyatakan positif Covid-19. Dokter di Inggris pertama kali diserukan untuk mewaspadai sindrom inflamasi baru terkait dengan Covid-19 yang memiliki gejala mirip dengan penyakit Kawasaki itu pada April 2020.

Gejala sindrom peradangan multisistem pada anak bisa berupa demam berkepanjangan, sakit perut, diare, muntah, ruam merah yang meluas, mata merah, lidah merah seperti stroberi, dan bibir pecah-pecah. Pertanda lainnya termasuk pembengkakan jari tangan dan kaki atau tidak merasa atau bertindak seperti diri mereka sendiri.

Orang tua juga telah diminta untuk meningkatkan kesadaran terkait sindrom ini. Bahkan, sejak Oktober 2020, Inggris dibentuk kelompok untuk mendukung kesadaran akan sindrom peradangan multisistem pada anak yang diharapkan dapat membantu mempercepat diagnosis.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement