Jumat 01 Apr 2022 15:09 WIB

Enam Tanda Tumor Otak, Seperti yang Diidap Mendiang Vokalis The Wanted Tom Parker

Tom Parker wafat dalam usia 33 tahun setelah didiagnosis tumor otak pada 2020.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Vokalis The Wanted, Tom Parker,  saat tampil di New York, AS pada 10 Oktober 2019. Parker meninggal pada Rabu (30/3/2022) setelah berjuang melawan tumor otak yang tidak dapat dioperasi.
Foto: Evan Agostini/Invision/AP, File
Vokalis The Wanted, Tom Parker, saat tampil di New York, AS pada 10 Oktober 2019. Parker meninggal pada Rabu (30/3/2022) setelah berjuang melawan tumor otak yang tidak dapat dioperasi.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Musisi Inggris Tom Parker meninggal dunia dalam usia yang terbilang cukup muda, yakni 33 tahun, pada Rabu (30/3/2022). Dua tahun sebelumnya, Parker didiagnosis mengidap glioblastoma stadium empat, tumor otak yang ganas.

Kepala hubungan pemangku kepentingan di Brain Tumor Research, Hugh Adams, mengatakan bahwa Parker didiagnosis mengidap glioblastoma multiforme (GBM) pada Oktober 2020. Sejak itu, Parker bicara secara terbuka mengenai penyakitnya.

Baca Juga

"Dalam  melakukannya, dia telah membantu meningkatkan kesadaran akan kehancuran yang disebabkan oleh tumor otak," ungkap Adams, dikutip dari laman The Sun, Jumat (1/4/2022).

Gejala spesifik glioblastoma dapat bervariasi, tergantung area otak di mana tumor berada. Tanda-tanda awal dapat disalahartikan sebagai stres atau mabuk, tetapi kondisinya bisa menjadi lebih buruk dengan cepat.

 

Adanya perubahan perilaku, penglihatan, gerakan, ingatan, emosi, berbicara, konsentrasi, atau fungsi indra perlu selalu dicermati. Disarankan untuk mencatat setiap perubahan pada diri atau orang terkasih.

Segera berkonsultasi dengan dokter jika ada perubahan yang terus berlanjut dan mengkhawatirkan. Sebagai pedoman untuk mencermati kondisi kesehatan, berikut enam gejala yang paling umum dari tumor otak:

1. Sakit kepala

Sakit kepala dapat disebabkan banyak hal, mulai dari dehidrasi hingga stres. Sebagian besar jenis sakit kepala dapat diatasi dengan obat penghilang rasa sakit, tetapi jika sakit kepala terus-menerus terjadi atau semakin parah, itu bisa menjadi tanda awal tumor otak.

2. Muntah

Mual dan muntah tanpa bisa dijelaskan penyebabnya bisa menjadi tanda kanker otak. Selain itu, Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) menyarankan segera hubungi dokter jika seseorang terus-menerus merasa nyeri atau mengantuk.

3. Kejang

Patut diwaspadai ketika seseorang mengalami gerakan yang tidak disengaja atau tidak dapat mengendalikan lengan atau kaki. Pasalnya, mengalami kejang berpotensi menjadi tanda bahaya bahwa seseorang mengidap tumor otak.

4. Merasa lemah

Merasa lemah bukanlah hal yang aneh, jika seseorang belum makan atau terlalu memaksakan diri untuk melakoni aktivitas berat. Akan tetapi, jika merasa lemah terjadi terus bahkan secara berkala meskipun sudah beristirahat, itu bisa menjadi tanda peringatan kanker.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement