Ahad 17 Apr 2022 16:33 WIB

8 Solusi Jika Teman Mengajak Nongkrong Tapi Budget Ngepas

8 Solusi Jika Teman Mengajak Nongkrong Tapi Budget Ngepas

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
8 Solusi Jika Teman Mengajak Nongkrong Tapi Budget Ngepas
8 Solusi Jika Teman Mengajak Nongkrong Tapi Budget Ngepas

Menolak ajakan nongkrong dari teman terkadang bisa jadi hal yang menyulitkan, padahal kondisi keuangan sedang tidak baik. Bila menolak, takut disangka sombong. Namun bila memaksakan diri untuk ikut justru menyusahkan kantong. 

Saat menolak ajakan untuk nongkrong padahal kondisi keuangan sedang pas-pasan, maka upaya tersebut tetap pantas diacungi jempol. Pasalnya, kamu sudah berani jujur tentang kondisi keuangan pribadi. Apalagi jika memang penolakan itu terjadi karena harus menabung sebagai bagian dari perencanaan keuangan di masa mendatang. 

Sebagai teman, kamu pasti tidak ingin dianggap sombong karena selalu menolak ajakan untuk nongkrong ataupun makan di restoran kekinian. Memaksakan diri juga bukan solusi terbaik untuk diri kamu sendiri. Lantas, bagaimana solusi yang tepat?

 

 

1. Jujur dan Terbuka dengan Kondisi Keuangan 

Teman

Jujur dan terbuka mengenai kondisi keuangan dengan teman

Tak perlu malu menyampaikan kondisi keuangan kepada teman terdekat. Katakan, bahwa saat ini uang yang ada benar-benar dibutuhkan untuk keperluan sehari-hari atau memang untuk ditabung. Percayalah, jika dia memang teman yang baik dan suportif maka tak akan pernah mempermasalahkan hal tersebut. 

Pun sebaliknya, jika menolak ajakan dari mereka terus-menerus tanpa disertai alasan jelas malah bisa memicu kecurigaan. Alhasil, hubungan kalian jadi terganggu hanya karena tidak jujur dan enggan berterus terang. 

2. Ajukan Diri untuk Merencanakan Acara Nongkrong Bareng

Ketika jadi perencana acara nongkrong bareng teman dan sahabat terdekat, maka kamu pun bisa jadi penentu di mana tempat yang paling sesuai dengan budget. Dengan begitu, tak perlu lagi menghindar saat diajak nongkrong sekaligus bisa menghabiskan waktu bersama teman-teman tercinta. 

Baca Juga: 10 Tempat Nongkrong Favorit di Jakarta yang Harus Dikunjungi

3. Terima Perbedaan Gaya Hidup Saat Ini

Apapun kondisinya, kenyamanan dan kebahagiaan diri sendiri merupakan prioritas paling utama. Ketika merasa nyaman sekaligus bahagia dengan kondisi finansial saat ini, maka kamu telah berada di jalan yang benar.

Cobalah untuk senantiasa melihat dari sisi positif di setiap strategi finansial yang diambil. Kamu memang tak bisa selalu menerima ajakan nongkrong di restoran ataupun bar kekinian yang super mahal. Namun di sisi lain, kamu jadi punya uang untuk ditabung demi masa depan. Jika sudah begitu, yakinlah kamu tak akan pernah menyesali keputusan menolak ajakan nongkrong dari mereka selama ini. 

4. Cari Alternatif Lain

Buat kamu yang punya hobi nongkrong bersama teman dan sahabat, kondisi keuangan yang sedang tidak stabil bisa jadi masalah tersendiri. Pasalnya, nongkrong jadi salah satu penyebab pengeluaran jadi lebih boros dan sulit dikendalikan. 

Namun tahukah kamu, sebenarnya untuk seru-seruan bareng teman tak harus boros, lho. Ada begitu banyak alternatif dan kegiatan seru lain yang juga menyenangkan untuk dilakukan bersama sahabat, tetapi tetap hemat sekaligus ramah di kantong. 

Bersenang-senang tak selamanya harus dilakukan dengan cara makan di kafe kekinian atau belanja di mal. Banyak kegiatan hemat lainnya yang bisa dilakukan bersama teman, diantaranya seperti. 

5. Berpartisipasi dalam Festival Tertentu

Salah satu alternatif kegiatan yang asyik dilakukan bareng teman adalah berpartisipasi dalam festival. Untuk itu, kamu harus rajin mencari informasi tentang berbagai acara yang mungkin saja diadakan di sekitar tempat tinggal kalian. Misalnya, kegiatan olahraga bersama saat akhir pekan. 

Bukan hanya menyenangkan, kegiatan semacam ini biasanya memberikan sejumlah hadiah menarik pula. Tentu bakal semakin seru jika kalian beruntung dan mendapatkan hadiah. Tak sekadar adu ketangkasan dengan teman, tetapi kalian pun bisa jadi lebih sehat. 

6. Bermain Game Favorit

game favorit

Game Favorit

Di era serba canggih seperti sekarang, tak sedikit game online atau offline yang sering dimainkan. Bahkan, game yang cukup populer bisa dimainkan per tim guna mengadu kerja sama dan ketangkasan bersama. Dijamin, kegiatan semacam ini bisa membuat kalian semakin dekat tanpa harus mengganggu kondisi keuangan masing-masing. 

Baca Juga:  Budget Pas-Pasan" href="https://www.cermati.com/artikel/tips-tampil-berkelas-walaupun-budget-pas-pasan" target="_blank">Tips Tampil Berkelas Walaupun Budget Pas-Pasan

7. Berkumpul di Salah Satu Rumah Teman

Tak ada salahnya merencanakan kegiatan akhir pekan dengan berkumpul di salah satu rumah sahabat. Rencanakan acara seperti memasak bersama. Dijamin, makanan yang kalian buat pasti jauh lebih lezat dan berkesan. Selain itu, berkumpul bersama bisa menambah kekompakan satu sama lain. Dan pastinya, kegiatan seperti ini bisa menghemat pengeluaran daripada nonton di bioskop atau berwisata kuliner. 

8. Gabung di Suatu Komunitas

Saat ini, ada banyak komunitas yang bisa ditemukan di pusat kota. Pilih, kemudian ikuti sesuai minat diri dan para sahabat kamu juga. Di samping itu, bergabung dalam suatu komunitas memungkinkan kamu untuk bertemu banyak orang baru. Bahkan, kamu bisa mendapat harga khusus ketika hendak menggunakan fasilitas yang ditawarkan. 

Nongkrong dengan Teman Sesuaikan Keuangan

Memang tak bisa dipungkiri jika saat ini ukuran pertemanan dinilai dari seberapa sering ikut nongkrong bareng. Namun masalahnya, kegiatan semacam ini membutuhkan dana yang tidak bisa dibilang kecil. Tak sekadar membeli jajanan di mall, tetapi juga pasti belanja barang-barang lainnya yang bisa menguras isi kantong. Tak ada salahnya bergaul, tetapi akan jauh lebih baik jika kamu memperhatikan kondisi keuangan pribadi. Jangan sampai memaksakan diri sehingga harus menelan pahitnya kekecewaan di kemudian hari. 

Baca Juga: Cara Supaya Nongkrong Tidak Bikin Kantong  Bolong

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement