Senin 21 Mar 2022 14:24 WIB

Rumah Segar dan Harum Sepanjang Hari, Ini Tips Sederhananya

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar rumah harum dan segar sepanjang hari.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar rumah harum dan segar sepanjang hari.
Foto: www.wikimedia.com
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar rumah harum dan segar sepanjang hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semua orang tentu ingin rumahnya memiliki aroma segar sehingga betah berlama-lama di dalamnya. Sayangnya, tidak peduli seberapa baik seseorang menjaga kebersihan rumah, semua jenis bau bisa berkembang secara alami.

Bau dari hewan peliharaan, tempat sampah, aktivitas mengolah makanan, serta tumpukan sepatu di rak bisa berbaur satu sama lain. Perlu cara khusus untuk membuat aroma di dalam rumah menjadi segar secara teratur.

Baca Juga

Ada beberapa cara untuk menghadirkan aroma harum dan menyegarkan. Berikut beberapa anjuran dari pakar yang bisa dicoba sendiri di rumah, dikutip dari laman Good Housekeeping, Senin (21/3).

 

Bersihkan tempat sampah

Bau yang menguar dari tempat sampah bisa menyebar ke seluruh rumah. Karena itu, tempat sampah atau area pembuangan sampah perlu dibersihkan secara berkala. Gunakan air hangat dan sabun cuci piring beraroma lemon.

Jika baunya tetap ada, tuangkan setengah cangkir soda kue ke tempat pembuangan sampah sambil mengalirkan air hangat. Supaya tidak ada sisa sampah yang menyangkut, bersihkan tempat pembuangan sampah dengan menyikatnya.

 

Sedot debu karpet

Tidak seperti lantai ubin dan lantai kayu, karpet bisa menjebak dan menahan bau, apalagi jika ketumpahan sesuatu. Untuk menghilangkannya, taburkan soda kue di seluruh karpet dan diamkan selama 30 menit sampai dua jam.

Setelah itu, gunakan penyedot debu untuk membersihkannya. Pastikan untuk membersihkan cangkir debu dan filter penyedot debu terlebih dahulu atau masukkan ke dalam kantong bersih untuk penyedotan terbaik.

 

Rebus rempah dan buah

Jika ingin aroma segar tambahan, desainer interior Rhobin DelaCruz menyarankan untuk merebus irisan jeruk dan rempah-rempah, seperti lavender atau mint. Uapnya akan membawa aroma manis ke seluruh rumah.

 

Nyalakan lilin beraroma

Lilin aromatik adalah pilihan tepat memberi wewangian yang diinginkan. Penempatan strategis bisa meningkatkan efisiensinya, misalnya di dekat kain linen yang menyerap aroma. Namun, selalu pastikan keamanan saat menyalakannya.

 

Tanaman di dalam rumah

Menempatkan tanaman di dalam ruangan bisa membersihkan udara sekaligus mempercantik rumah secara instan. Desainer interior Keita Turner menganjurkan untuk merawat melati, kayu putih, dan gardenia di dalam rumah.

 

Segarkan ventilasi udara

Menggantung pewangi ruangan di ventilasi atau di pendingin ruangan bisa menjadi cara mudah menyegarkan rumah. Saat udara berhembus, aroma dari pewangi tersebut tentunya akan tercium ke seluruh ruangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement