Jumat 18 Mar 2022 04:54 WIB

Cara Mengubah Kebiasaan Boros Finansial

Ada beberapa tanda yang bisa diutamakan saat mulai menabung dana darurat.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Qommarria Rostanti
Cara kebiasaan mengubah kebebasan finansial (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Cara kebiasaan mengubah kebebasan finansial (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Cara menyisihkan uang setiap orang memang berbeda. Namun nyatanya, banyak juga yang bisa berdampak pada kesehatan finansial. Mengutip laman stl today, Kamis (17/3/2022), ada beberapa langkah untuk membuat kebiasaan baik dalam menjaga kesehatan finansial.

Pendiri Sage Financial Solutions, Saundra Davis, mengatakan, setiap orang bisa memulai dengan menggali hubungan pribadi dengan uang. Memang rumit, katanya, namun, ada beberapa tanda yang bisa diutamakan saat mulai menabung dana darurat. 

Baca Juga

“Tidak bisa mendapatkan upah layak, tidak memiliki asuransi kesehatan, atau memiliki pinjaman mahasiswa dalam karier yang tidak dapat Anda temukan, menjadi masalah di banyak negara,” kata Davis.

Jika Anda masuk dalam masalah sistemik tersebut, Davis menyarankan untuk fokus dalam mencari dukungan demi menghubungkan diri dengan sumber daya lainnya. Dia menyarankan, sebisa mungkin agar mencari pola untuk mulai menabung.

“Seringkali ada riwayat kelangkaan dan kerugian finansial di suatu tempat di latar belakang mereka yang belum terselesaikan,” kata Ed Coambs, perencana keuangan di Charlotte, Carolina Utara.

Langkah kedua yang bisa diterapkan untuk menghindari kebiasaan buruk dalam keuangan adalah dengan menetapkan tujuan pribadi. Coambs mengatakan, perlu diketahui tujuan "di mana posisi Anda" dalam beberapa tahun lagi. Menurutnya, dengan memantapkan tujuan, bisa menempatkan diri pada jalan kebiasaan yang lebih sehat.

Dia juga menyarankan, akan lebih baik memeriksa keuangan sebulan sekali untuk menentukan apakah cara menyehatkan uang telah di jalan yang benar.

Langkah terakhir dalam menjaga kondisi keuangan adalah dengan bersandar pada sumber daya. Menurut Coambs, dengan melanggar kebiasaan finansial bisa jadi menantang. Namun demikian, hal itu bukan berarti harus dilakukan secara sendiri. 

“Ada orang dan aktivitas yang dapat Anda ikuti, ‘apakah itu menulis jurnal atau mengobrol dengan pasangan Anda atau cara lain untuk membantu Anda merasa aman lagi seputar topik uang’,” kata Coambs.

Tak hanya itu, di zaman yang kian modern ini, ada banyak profesional yang bisa menawarkan bimbingan. Bahkan, Anda bisa menyewa perencana keuangan atau mencari saran gratis dalam mengelola anggaran, kredit ataupun utang dari agen konseling kredit nirlaba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement