Selasa 15 Mar 2022 12:10 WIB

Anak Positif Covid-19 Ayah-Ibu Negatif, Isolasi Mandirinya Seperti Apa?

Ayah-ibu ada yang terpikir membiarkan dirinya tertular saat anaknya positif Covid-19.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Anak menjalani tes Covid-19. Orang tua tidak dianjurkan untuk sengaja membuat dirinya tertular ketika anaknya positif Covid-19 agar bisa menemani isoman.
Foto:

Prof Hinky mengatakan, hal tersebut sebaiknya tidak dilakukan. Alasannya, kakek dan nenek merupakan kelompok yang berisiko bila terpapar Covid-19.

"Kalau di rumah, anak yang negatif bisa sama ART (asisten rumah tangga) atau bagaimana, memang kompleks sekali," ujar Prof Hinky.

Pada dasarnya, hal terpenting yang perlu diperhatikan bila dalam satu rumah ada yang positif dan negatif Covid-19 adalah menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Sebagai upaya pencegahan, seluruh penghuni rumah yang sudah cukup umur sebaiknya segera vaksinasi Covid-19.

Vaksinasi diharapkan dapat membantu mencegah penularan Covid-19. Bila tetap tertular, vaksinasi dapat berperan dalam menekan risiko terjadinya sakit berat hingga kematian akibat Covid-19.

"(Bila sudah vaksinasi) kalau sampai terkena tidak sampai dirawat di rumah sakit, gejalanya ringan, sakitnya cuma tiga hari (berdurasi singkat), tidak berakibat fatal," kata Prof Hinky.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement